4 Nov 2016

KAPOLRES LUMAJANG HADIRI APEL JAMBORE KADER TANGGAP BENCANA KE 2 DI LUMAJANG TAHUN 2016.

Setelah sukses menggelar Jambore tanggap bencana yang pertama pada bulan Desember tahun lalu , kini Pemkab Lumajang melalui dinas BPBD Kabupaten Lumajang  kembali melaksanakan kegiatan Apel Jambore Kader Tanggap Bencana ke 2 yang berlangsung di lapangan Desa Penanggal Kecamatan Candipuro pada Jumat pagi (4/11) 2016 sekira pukul 08.30 WIB.

Kegiatan Jambore ini dipimpin oleh Wakil Bupati Lumajang Buntaran Supriyanto dengan dihadiri oleh Forkopimda, BPBD Provinsi Jawa Timur, Kepala SKPD, Camat se Kab.Lumajang, Danramil Candipuro, Kapolsek Candipuro, Kepala Sekolah SMA / Sederajat se Kabupaten Lumajang serta Kades Penanggal selaku tuan rumah.


Kegiatan Jambore Kader Tanggap Bencana ini dilaksanakan karena Kab. Lumajang memiliki potensi bencana yang meliputi :
- Letusan Gunung berapi.
- Tsunami.
- Gempa bumi.
- Banjir.
- Tanah longsor.

"BPBD Kabupaten Lumajang turut menggandeng Kepala Sekolah SMU/Sederajat dikarenakan sekolah adalah pusat pendidikan yang tidak hanya memberikan ilmu pengetahuan tetapi bekal untuk kelangsungan hidup. Kesiap siagaan terhadap bencana merupakan bagian dari keterampilan untuk kelangsungan hidup kita" ujar Wabup Lumajang.

Kegiatan Jambore ini bertujuan untuk:
- Memperkuat jaringan komunikasi antar pelajar di seluruh Lumajang.
- Meningkatkan kapasitas dan keterampilan dalam penanggulangan bencana.
- Meningkatkan kemampuan leadership di lapangan.
- Meningkatkan kekompakan secara tim.
- Mengukur tingkat kesiapanrelawan pelajar dalam menghadapi kemungkinan bencana.

Di samping itu kegiatan Jambore Kader Tanggap Bencana jni untuk mewujudkan generasi muda yang tanggap, tangkas, dan tangguh bencana.(humas)