10 Nov 2016

KOOPERATIF, PENAMBANG PASIR PRONOJIWO MEMATUHI HIMBAUAN POLSEK PROBOJIWO

Pronojiwo - Sebagai daerah yang berada di kaki Gunung Semeru, wilayah Pronojiwo terdapat beberapa penambangan pasir. Untuk mengantisipasi kerawanan Illegal Mining, Pada hari ini Kamis (10/11) 2016 Polsek Pronojiwo melaksanakan patroli di daerah penambangan pasir yang ada di wilayahnya.


Wakapolsek Iptu Kusnan memimpin kegiatan Patroli, bersama Kanit Reskrim, Kanit Intel, Kanit Sabhara dan Bhabinkamtibmas Polsek Pronojiwo. Beliau menerangkan bahwa para Penambang Pasir manual di Pronojiwo sudah mengajukan Ijin Penambangan di Dinas ESDM Prov Jatim, namun Surat IUP belum turun, Sehingga dilakukan himbauan persuasif kepada para penambang tersebut. "Para penambang sangat kooperatif, mereka menyadari dan sebelum mendapat Ijin sesuai Undang-undang No 9 tahun 2004 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara, sementara tidak melakukan penambangan" ujar Wakapolsek.


Ditempat terpisah, Kapolsek Pronojiwo AKP Sudarminto, SH menyampaikan bahwa sementara ini pihak Polres Lumajang melalui Forkopimda Lumajang terus mendorong Pemerintah Daerah Lumajang agar memberikan langkah-langkah solutif soal Perijinan Penambangan pasir ini, sehingga situasi Kabupaten Lumajang tetap kondusif. (humas)