10 Des 2016

5600 PESERTA GERAK JALAN CANDIL MERIAHKAN HARJALU KE 761


Lumajang - Sabtu (10/12) 2016 sekira pukul 14.30 WIB di lapangan Desa Candipuro, As'at Malik M.Ag Selaku Bupati Lumajang didampingi oleh Jajaran Forkopimda memberangkatkan ribuan peserta gerak jalan tradisional Candipuro - Lumajang yang sering kita dengar dengan sebutan gerak jalan Candil.


Kapolres Lumajang berkesempatan mengangkat bendera start untuk memberangkatkan gerak jalan kelompok beregu putra berasal dari anggota Polres Lumajang yang berpartisipasi dalam acara siang ini dengan mengirimkan 3 regu yang berasal dari gabungan anggota Polres Lumajang ditambah dengan anggota Polsek Jajaran.

"Adapun tujuan kegiatan gerak tradisional selain memperingati Harjalu yang ke 761 juga untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat sebagaimana tertuang dalam amanat UU No 3  tahun 2005 tentang Sistim Keolahragaan Nasional dalam ruang lingkup olahraga rekreasi" ujar Arif Sukamdi selaku Ketua Panitia.


Sebagian peserta Gerak Jalan Tradisional ini mayoritas masyarakat Kabupaten Lumajang dengan total jumlah mendekati angka 5600 peserta baik di kelompok perorangan maupun kelompok beregu. Partisipasi peserta dari luar kota meliputi 3 peserta dari Kabupaten Jember, 7 peserta dari Kabupaten Probolinggo, 1 peserta dari Kabupaten Bojonegoro. Dan ada yang unik yaitu seorang warga Negara Asing asal Florida Amerika Serikat yang sehari hari nya menjadi relawan tenaga pendidik di Kecamatan Tekung.


Seperti tahun sebelumnya, Gerak Jalan Tradisional Candil yang ke 6 ini dengan rute diawali dari Lapangan Candipuro dan finish di perempatan Barat Masjid Abnas Mahfud Lumajang dengan jarak tempuh sejauh 27 Km.⁠⁠⁠⁠ (humas)