17 Jan 2017

HARMONISNYA TNI-POLRI DI LUMAJANG DALAM UPACARA BENDERA


Lumajang - Selasa (17/1) pukul 07.00 WIB, Puluhan anggota TNI dari Kodim 0821 Lumajang serta Batalyon 527 Lumajang yang bersenjata lengkap terlihat memasuki Polres Lumajang, Bukan melakukan serbuan namun suatu bentuk sinergitas TNI-POLRI yang diwujudkan dalam kegiatan Upacara yang dilaksanakan setiap tanggal 17. Kali ini Polres Lumajang yang mendapat kehormatan untuk sebagai tuan rumah upacara tersebut.
    
Dandim 0821 Letkol.Inf Imam Purnomo Hadi S.I.P selaku Inspektur Upacara yang diikuti oleh Anggota dari TNI-POLRI serta dari Satpol PP yang bergabung dengan pasukan upacara dari keluarga besar Polres Lumajang termasuk PNS Polri .

Dalam amanat nya Dandim menjelaskan bahwa konflik yang terjadi di masyarakat baik konflik horizontal maupun vertikal yang bersumber dari lunturnya nilai nilai ideologi dan juga intervensi pihak asing. Jika dibiarkan akan mengancam keamanas dan stabilitas dalam negeri, selain itu beliau juga menyinggung keterbukaan informasi publik yang banyak terdapat di medsos jika hal itu tidak dikendalikan maka akan berdampak negatif diantaranya provokasi yang dapat menggerakkan opini masyarakat, sikap intoleransi akan berbahaya jika diwujudkan kan hal nyata diantara nya melakukan perusakan sarana tempat ibadah, memunculkan opini yang negatif dan intimidasi kepada kelompok lain terhadap kebebasan beragama "Manakala sikap toleransi dapat terwujud maka dengan mudah gerbang kerukunan beragama dapat berjalan dengan lancar, namun begitu pula sebalik nya " ujar dandim dalam amanatnya. 


Setelah Upacara selesai dilanjutnkan dengan pemberian Reward kepada anggota serta Masyarakat yang telah berperan dalam menjaga kamtibmas di Kabupaten Lumajang , Kapolres Lumajang AKBP Raydian Kokrosono S.I.K memberikan penghargaan kepada Bripka Wiwit Sugiarto S.E Anggota Sat Tahti bersama dengan Brigadir Noviar Setiadi anggota SPKT telah berhasil menggagalkan dan menangkap satu orang dari tiga pelaku yang berupaya membobol rumah tahanan Polres Lumajang, selain itu Tokoh Masyarakat yaitu Suryadi serta Mat Panjang yang telah membantu tugas Polri menginfokan adanya penggunaan Okerbaya di wilayah Senduro. "Bapak telah ikut peduli serta dapat membantu tugas-tugas Polri dalam memberantas peredaran narkoba/Okerbay , maka bapak layak mendapat penghargaan dari kami " ujar Mantan Kabag Ops Polrestabes Surabaya. Seluruh peserta Upacara memeberikan Aplouse kepada penerima reward selama 10 detik. Hal ini merupakan tradisi Polres Lumajang sebagai bentuk penghormatan.(Humas)