18 Jan 2017

MENJADI INSPIRASI UNTUK PEDULI SESAMA, BRIPKA ALEX MENERIMA REWARD DARI KAPOLRES LUMAJANG


Lumajang - Pagi ini Rabu (18/01) 2017, ada suasana berbeda di Mapolres Lumajang. Ada sosok Bhabinkamtibmas yang mendapat reward dari Kapolres Lumajang karena telah menjadi teladan inspirasi gerakan Kepedulian. Tak hanya masyarakat Kabupaten Lumajang, tapi juga masyarakat di luar Lumajang seperti Bali, Aceh, Malang, Sidoarjo dan kerabat lainnya yang tergabung dalam komunitas "Semut Peduli" yang dipimpin sosok Bhabinkamtibmas tersebut. Dia adalah Bripka M. Alex Kusuma Bhabinkamtibmas Desa Dawuhan Lor Polsek Sukodono.

Komunitas "Semut Peduli" telah memiliki anggota 3000 lebih sejak didirikan Bulan Nopember 2016, atas dasar rasa kemanusiaan dan ingin berbagi kepada sesama yang membutuhkan.  Komunitas ini bergerak di bidang murni sosial. Anggota komunitas ini terdiri dari berbagai elemen masyarakat baik masyarakat sipil, TNI, Polri, Pegawai, dan seluruh golongan yang sama-sama tergerak hati nuraninya untuk saling peduli membantu sesama, khususnya di Wilayah Kabupaten Lumajang. Adapun kegiatan Semut Peduli yaitu SEMUT OMAH (gerakan bedah rumah tidak layak huni), SEMUT SEGO (gerakan berbagi nasi bungkus kepada dhuafa), SEMUT OBAT (gerakan peduli kesehatan), SEMUT PINTAR (gerakan peduli pendidikan), SEMUT RESIK (gerakan peduli kebersihan)  dan SEMUT WASPADA (gerakan peduli kamtibmas). Yang semua itu telah dilakukan oleh Komunitas Semut Peduli. Perkembangan kegiatan sosial mereka dapat di ikuti di akun Fans Page Facebook Semut Peduli Lumajang dengan link https://www.facebook.com/groups/606629709546770/

Kapolres Lumajang AKBP Raydian Kokrosono, SIK sangat bangga dan mengapresiasi kemampuan Bripka M.Alex Kusuma dalam menginspirasi masyarakat Lumajang untuk menjadi warga yang peduli pada sesama. Beliau menyatakan diri bergabung dalam komunitas Semut Peduli dan telah resmi menjadi anggotanya yang secara simbolis menerima T-Shirt Komunitas Semut Peduli. "Dalam komunitas Semut Peduli, Pak Alex adalah pemimpinnya. Saya adalah anggotanya. Kita masih berfikir, Pak Alex sudah berbuat". ujar Kapolres.

Dalam kesempatan itu, Kapolres bertanya kepada Bripka Alex dihadapan peserta apel "Kenapa kok pilih nama Semut? bukan yang lain?". Kemudian Bripka Alex menjelaskan "Semut itu walaupun kecil namun mengajarkan gotong royong, bahu membahu, ketika ada salah satu terjatuh atau mati, temannya tanpa diperintahpun akan membantu, saya harap jiwa semut dapat diaplikasikan ke masyarakat dalam hubungan sesama manusia". Selanjutnya seluruh peserta apel memberikan aplous dan turut bangga pada Bripka Alex.

Diakhir acara penganugerahan reward ini, Kapolres Lumajang, Wakapolres, para Kabag, dan Kasat memberikan ucapan selamat dan berfoto bersama dengan Bripka Alex. (humas)