26 Jan 2017

POLSEK PRONOJIWO BERSAMA TIM SAR BERHASIL TEMUKAN ORANG HILANG DI LERENG SEMERU


Lumajang - Pada hari Rabu (25/1) 2017, sekira pukul 15.00 WIB, Polsek Pronojiwo menerima laporan adanya orang hilang ABDUL GOFUR (20) seorang pelajar pesantren di Surabaya warga Dusun Purut Desa Bades Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang. korban hilang disekitar area watu lapis Dusun Kebonan Oro-oro Ombo Kec. Pronojiwo. 

Mendengar kabar tersebut Kapolsek Pronojiwo IPTU Kuznan berkoordinasi dengan pihak BPBD dan Koramil dan membentuk Tim untuk melakukan pencarian di sekitar lereng gunung semeru " Kami langsung mencari di sekitar wilayah terakhir keberadaan korban" ujar pimpinan wilayah Pronojiwo tersebut. 

kronologis kejadiannya setelah Korban meminta ijin kepada orang tuannya untuk melihat gunung Semeru pada hari Selasa (24/1) 2017 pukul 07.00 WIB akan tetapi pada pukul 15.00 WIB, korban menelpon kakak iparnya (Zainal Abidin) dan memberi kabar bahwa korban telah terjatuh di tikungan Desa Sumber Urip dan setelah dilakukan pencarian korban tidak ditemukan. Kemudian pada hari Rabu (25/1) pukul 08.00 WIB, korban memberi kabar melalui SMS kepada kakak iparnya (Zainal Abidin) tentang keberadaan korban yang berada di Desa Oro-oro Ombo, setelah dilakukan pencarian keberadaan terakhir koban, hasilnya masih tetap nihil, korban masih belum ditemukan.

Kemudian sekitar pukul 11. 00 WIB, Sepeda motor milik  korban ditemukan oleh warga di aliran sungai Besuk sarat Desa Sumber Urip Kecamatan Pronojiwo yang ditutupi daun Pinus dalam keadaan terkunci stir dan warga sekitar memberitahukan kepada kakak Ipar korban (Zainal Abidin dan  Iwan yang sedang mencari korban) kemudian diamankan dirumah Sutrisno warga Dusun Kebonan Desa Oro-oro Ombo. Kabar terakhir sekira pukul 11.00 wib, melalui via SMS Korban memberikan tahukan keberadaannya di areal batu lapis Dsn.kebonan Ds. Oro-oro Ombo.

Dengan Sigap setelah mendapatkan laporan adanya orang hilang tim gabungan BPBD, Polsek Pronojiwo bekerjasama dengan Koramil Pronojiwo melakukan pencarian, karena cuaca yang tidak bersahabat hujan deras dan arus sungai besar, tim gabungan Stand By di pos pemantau bencana alam Dsn. Kebonan Ds. Oro-oro Ombo Kec. Pronojiwo. Tim Gabungan melanjutkan pencarian pada hari Kamis tanggal (26/1) sekira pukul 09.15 WIB korban ditemukan di lereng gunung Semeru di ketinggian 1600 M oleh tim SAR gabungan.

Pada saat ditemukan korban dalam keadaan kaki kanan luka akibat terjatuh dan tidak bisa berjalan. Evakuasi oleh tim SAR dengan cara Korban dibawa menggunakan tandu. Korban sampai di Dsn. Kebonan Ds. Oro-oro Ombo Kec. Pronojiwo pada pukul 14.10 WIB,  dan selanjutnya Korban dibawa ke Puskesmas Pronojiwo untuk mendapatkan pengobatan, setelah mendapatkan pengobatan korban dibawa pulang ke Desa Bades Kecamatan Pasirian. (Humas)