13 Feb 2017

BIKIN RESAH, PELAKU CURANMOR TERPAKSA DI TEMBAK !!!!!

Lumajang - Siang ini Senin (13/02) 2017 sekira pukul 12.00 WIB, Satuan Reskrim Polres Lumajang melaksanakan giat Press Release ungkap kasus Pencurian Sepeda Motor. Press Release dilaksanakan di Lobi Polres Lumajang dan dipimpin oleh Kasat Reskrim AKP Tinton Yudha Riambodo SIK. Di dampingi Oleh Kanit Pidum IPTU Agus Sugiarto SH dan Kasat Sabhara AKP Dwi Sucahyo, Kasat Reskrim menjelaskan kronologis penangkapan pelaku tindak pidana pencurian dengan pemberatan yang meresahkan masyarakat, serta mengganggu kenyamanan para penikmat musik rege karena pelaku beraksi saat konser rege berlangsung. 


" Penangkapan ini dilakukan setelah kami mendapatkan laporan bahwa telah terjadi pencurian sepeda motor di lapangan Desa Tempeh Tengah Kecamatan Tempeh setelah konser Rege berlangsung jadi pada saat korban akan pulang sepeda motor tersebut sudah tidak ada ditempat semula, sejak saat itu Resmob Polres Lumajang melakukan pengejaran terhadap pelaku pencurian " Ujar AKP Tinton Yudha Riambodo SIK. 

Pada hari kamis (9/02) 2017 sekira pukul 13.00 WIB, anggota resmob melakukan penangkapan terhadap MA (22) warga Dusun Curah Kates Desa Wates Kulon Kecamatan Ranuyoso Kabupaten Lumajang di warung di JLT Utara Kecamatan kedungjajang Kabupaten Lumajang beserta barang bukti sepeda motor hasil kejahatan (TKP parkiran Desa Tempeh Tengah Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang). Kemudian dari pengakuan pelaku MA melakukan pencurian tersebut Bersama dengan H(DPO) dan AH (19) yang merupakan pemilik Obeng dan mengawal setelah mendapat hasil curian, sehingga kemudian di lakukan penangkapan terhadap pelaku AH (19) warga Dusun Krajan Desa Wates Wetan Kecamatan Ranuyoso  di Jalan Raya wates wetan Kecamatan Ranuyoso Kabupaten Lumajang. 

Modus Operandi yang dilakukan oleh pelaku saat melancarkan aksi kejahatanya yaitu pada hari Minggu (5/02) 2017 sekira pukul 15.30 WIB pelaku MA dan H berangkat bersama-sama dengan cara berboncengan dengan Samak menuju ke lapangan Ds.Tempeh Tengah Kec.Tempeh untuk melihat konser Rege, setelah melihat rege , kemudian Kedua pelaku keluar lapangan dan langsung menuju ke Parkiran untuk mengambil sepeda motor jenis Yamaha Vega Nopol N-L- 5573-UR, Noka: MH34ST1105K755450, Nosin: 4ST1119872, Th 2005  dengan cara merusak rumah kunci dengan obeng dan setelah itu membawa lari sepeda motor tersebut, di tengah perjalanan bertemu dengan pelaku AH(pemilik Obeng), dan bersama sama membawa sepeda motor tersebut untuk dibawa pulang.

Setelah dilakukan pengembangan dan menginterogasi pelaku, pelaku mengaku sudah melakukan tindakan kriminal tersebut beberapa kali di TKP berbeda dan mengambil sepeda motor yang telah mengambil 1(satu) Sepeda motor jenis Jupiter Z warna merah maron dengan TKP Desa Sumber petung Kecamatan Ranuyoso Kab.Lumajang, mengambil Perkiraan satu bulanan dan Sepeda motor jenis Satria FU tahun 2012 warna putih abu abu No.pol N 5892 YX, dengan TKP parkiran sekitar Gor Wirabakti Lumajang, mengambil sewaktu ada Konser Rege, pada hari Minggu tanggal (22/01) 2017.

" Saat dilakukan penangkapan, salah satu tersangka mencoba untuk melarikan diri dan melakukan perlawanan dan membahayakan petugas sehingga dilakukan tindakan tegas terukur tembak pergelangan kaki kanan dan langsung di bawa ke RS Bhayangkara guna mendapatkan perawatan medis, karena tindak pidana yang telah dilakukan pelaku terancam hukuman 7 Tahun penjara " tambah Kasat Reskrim. 

Barang bukti yang berhasil diamankan oleh Satuan Reskrim Polres Lumajang ialah :
1. Satu Unit sepeda motor jenis Vega R th 2005,warna Orange, beserta STNK. 
2. Satu Unit sepeda jenis Mio Soul No Pol:  N 3164 UR (BB alat). 
3. Satu unit sepeda motor jenis Honda Supra 125 milik teman tersangka (tidak ada kaitannya dengan tindak pidana dan diamankan karena tidak bisa menunjukkan /membawa surat sepedanya). (Humas)