1 Feb 2017

LAGI-LAGI TIM NENGGALA RINGKUS PELAKU JAMBRET


Lumajang - Kepolisian Resort Lumajang kembali menggelar jumpa pers dengan awak media pada Rabu siang (1/2) sekira pukul 13.00 WIB. Kapolres Lumajang AKBP Raydian Kokrosono S.I.K didampingi oleh Kasat Reskrim AKP Tinton Yudha Riambodo, KBO Reskrim IPTU Sajito SH serta Kanit Pidum IPTU Agus Sugiarto SH. Beliau menjelaskan kronologi penangkapan serta keterlibatan pelaku jambret (Street Crime) yang meresahkan warga masyarakan baik di kawasan kota maupun pinggiran, seperti yang ramai diperbincangkan di media sosial bahwa pelaku nya memakai sepeda motor Yamaha Vixion hitam yang sebagian besar menyasar terhadap kaum hawa. 

Seperti yang beliau ceritakan pada saat jumpa pers ini "Bahwa tempat kejadian terakhir yang bisa kita ungkap adalah di Jalan Veteran pada tanggal 28 Januari 2017. Pada saat itu anggota kami yang jaga di Veteran mendapatkan laporan dari masyarakat tentang tindak pidana penjambretan ini. Anggota kami berupaya mengejar namun belum bisa kita dapatkan namun kita menggali informasi dari masyarakat di sekitar lokasi kejadian tentang identitas tersangka, ada dua nama MF (21) dan AH (22) keduanya beralamatkan di desa Kalipenggung berhasil kita tangkap pada tanggal 1 Pebruari 2017 pukul 03.00 WIB di Dusun Kalipenggung Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang dan dilakukan secara persuasif " cerita Kapolres. Dalam menjalankan aksi nya, kelompok ini selalu membuntuti korbannya dirasa cukup aman maka pelaku langsung melancarkaan aksinya dengan mengambil barang milik perempuan dengan cepat mereka meninggalkan korban tanpa melukai.

Saat dilakukan pengembangan kasus mereka bercerita bahwa telah banyak melakukan tindak pidana penjambretan, tak hanya diwilayah kota saja namun di kecamatan lain juga mereka lakukan hingga 8 kali diantaranya di Sukodono, Tekung, Randuagung. Barang bukti yang dapat disita dari rumahnya saat dilakukan penggeledahan kita dapat satu sepeda motor Yamaha Vixion warna hitam, satu buah helm tiga buah HP Samsung, 5 buah tas wanita dan air softgun 2 pucuk. Indikasinya digunakan tersangka untuk menakuti korbannya mereka beraksi bukan malam hari melainkan pada siang hari antara pukul 10.00 s/d 14.00 siang.

Untuk menjaga keselamatan berkendara terutama di bagi kaum hawa, Kapolres Lumajang telah melakukan berbagai himbauan diantaranya berhati-hati jika  berkendara. Tidak terlalu menampilkan kemewahan di tengah-tengah masyarakat terutama perhiasan karena akan mengundang niat jahat pelaku, kita tingkatkan penyebaran personil terbuka maupun tertutup di lapangan untuk mencegah terjadinya tindak kriminalitas serta terus melakukan evaluasi terus perkembangan kejadian yang ada di masyarakat karena dibuktikan pergeseran waktu yang biasanya malam kini berlangsung siang hari.(Humas)