19 Feb 2017

Puluhan Oplosan Alkohol dan Obat Batuk di amankan saat Konser Souljah

Lumajang - Hari ini, Minggu (19/02) 2017 mulai pukul 10.00 WIB sampai 14.45 WIB di lapangan GOR Wira Bhakti Kabupaten Lumajang diselenggarakan Konser Musik Sunday Party Reggae yang dihadiri sekitar 4.000 orang penonton dengan bintang tamu Souljah Band.
Ratusan personel gabungan TNI, POLRI, Satpol PP, Dishub dan Tenaga medis mengamankan jalannya kegiatan Konser tersebut. Sebelum pelaksanaan tugas pengamanan dilaksanakan apel yang dipimpin oleh Kabag Ops Polres Lumajang KOMPOL Drs. SUDARTO. Beliau mengarahkan pembagian tugas personel pengamanan dan menekankan kepada anggota agar selalu antisipasi terhadap penonton-penonton yang bergerombol. Beliau juga menekankan apabila terjadi kericuhan maka konser akan dihentikan. Beliau juga memerintahkan sweeping terhadap anak-anak muda yang indikasinya mengkonsumsi MILO (miras lokal oplosan) baik yang berada di luar lokasi maupun di dalam lokasi lapangan. "Jaga emosi, laksanakan tugas dengan tegas dan sesuai prosedur". ujar Kabag Ops dalam arahannya.
Selanjutnya petugas melaksanakan razia dengan sasaran pemuda yang minum-minuman keras oplosan di seputaran GOR Wira Bhakti, Jalan HOS Cokroaminoto, Jalan Wahid Hasyim dan Jalan Gubernur Suryo dan mendapatkan para pemuda yang sedang bergerombol mengoplos Alkohol 70% dengan air mineral, serbuk suplemen (hemaviton) dan obat batuk cair) dan komix. dari hasil razia tersebut petugas mengamankan puluhan botol Arak, alkohol 70% - 90%, puluhan sachet obat batuk cair merk jenis komix, dan puluhan sachet serbuk suplemen jenis Kuku Bima dan hemaviton. Selanjutnya barang bukti tersebut diamankan di Polres Lumajang dan para pemuda yang kedapatan mabuk dilakukan pembinaan.
Selama Konser berlangsung secara umum berjalan relatif aman dan lancar, dan petugas melaksanakan pengamanan secara maksimal. Sempat terjadi keributan sesama penonton karena saling senggol dan saling dorong pada saat berjoget namun petugas keamanan segera melerai dan mengamankan pelaku keributan. 
Polres Lumajang sangat serius menangani fenomena Miras Oplosan yang marak di kalangan pemuda. Polres Lumajang menyatakan perang terhadap segala bentuk upaya yang merusak mental generasi muda. Polres Lumajang mengajak seluruh Aparatur Pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat mensukseskan Program Gerakan Lumajang ZERO MILONARKOBAYA (Miras Lokal Oplosan, Narkotika danObat Keras Berbahaya). (humas)