25 Feb 2017

STIK Angkatan 74 Napak Tilas Perjuangan POLRI di Monumen Tumpeng Lumajang

Lumajang - Monumen Perjuangan Polri yang terletak di Desa Tumpeng Kecamatan Candipuro Lumajang menjadi salah satu bukti nyata bagi para pejuang POLRI yang rela mempertahankan Kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah hingga nyawa harus menjadi taruhannya.
Sehingga pasca Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945, kerusuhan terjadi dimana mana. Pihak Belanda terus menyerang Indonesia untuk memecah belah lagi. Begitu pula di Lumajang. Di Desa Tumpeng tepatnya, pada tanggal 13 Oktober 1947, terjadi pertempuran antara pasukan Mob – Brig Polri yang dipimpin Aiptu Djama’ari melawan pasukan Belanda dalam jumlah yang lebih besar dan dengan senjata yang lengkap.

Monumen tersebut diresmikan pada tanggal 13 Oktober 1956, oleh kepala Polisi Jawa Timur Komisaris Besar Polisi R. Soekarno Djojonagoro. Dan dilakukan pemugaran oleh yayasan Panjura dan diresmikan pada tanggal 14 Juli 1985 oleh Kapolda Jatim Drs. Wik Djatmika,S.H Mayor Jenderal Polisi.
Pagi ini Sabtu (25/2) sekira pukul 07.30 WIB, Sejumlah 127 Mahasiswa/i STIK Angkatan 74 (Widya Dharana Lastaria) melaksanakan kegiatan napas tilas untuk mengenang perjuangan POLRI yang ada di wilayah Kabupaten Lumajang. Hal itu disampaikan oleh Kabag Gadik Pusdik Brimob Watukosek AKBP Sumitro SH.MH saat memberikan wawasan perjuangan kepada mahasiswa/i.
"Disekitar wilayah ini (Monumen Tumpeng) telah gugur Pahlawan Polri sejumlah 28, sedangkan 20 orang lainnya ditangkap Belanda dan sisa pejuang lainnya menyelamatkan diri untuk bergabung dengan para pejuang yang ada di Pasrujambe, Teknologi yang canggih dapat berubah dengan kemajuan jaman, namun nilai sejarah harus kita tancapkan dalam hati dan napak tilas ini harus kita laksanakan agar semangat kejuangan terus berkobar dalam diri pribadi " ujarnya.
Inspektur Upacara Brigjen Pol Drs Bambang Sri Herwanto SH.MH Dalam Arahannya menjelaskan "Bahwa harapan kita semuanya setelah menempuh pendidikan di perguruan tinggi ilmu kepolisian  ,saudara benar benar menjadi perwira polri yang handal, profesional berwawasan akademis dengan gelar sarjana ilmu kepolisian" Ungkap Mantan Kapolda Sumbar.
Mahasiswa STIK angkatan 74 sejumlah 127 terdiri dari 111 Polki dan 16 Polwan pada hari ini akan menempuh perjalanan 37, 8 Km dari Monumen Tumpeng, Gesang Tempeh dan Kunir. Perjalanan Napak tilas ini akan menuju Desa Jumerto Patrang Jember.

Perjalanan Napak Tilas dimulai dengan dikibarkarnya bendera start oleh Brigjen Pol Drs Bambang Sri Herwanto SH.MH dengan didampingi oleh Kapolres Lumajang AKBP Raydian Kokrosono SIK beserta Dandim 0821 Letkol Inf Imam Purnomo Hadi SIP serta Wakil Bupati dr. Buntaran Suprianto , M.Kes, 6. AKBP Slamet Hermawan, AKBP Sumitro, Danki Pengauh STIK PTIK Pusdik Brimob AKBP Budi Susilo serta Para Pendamping dan Pembina dari Pusdik Brimob Watukosek.(Humas)