30 Mar 2017

DI BULAN RAJAB INI , ALLAH SWT MEMBUKA PINTU MAAF DAN PINTU TAUBAT SELUAS LUAS NYA BAGI HAMBA NYA


Lumajang - Kegiatan rutin Polres Lumajang dalam rangka pembinaan rohani kepada anggota nya yang diwujudkan dalam pengajian rutin 3 pilar tiap kamis yang di awali dengan pembacaan Asmaul husna dan surat Yasin diikuti oleh Kapolres Lumajang , Waka Polres para pejabat utama Polres Lumajang, para perwira , bintara serta PNS Polri. tak lupa hadir anggota lintas sektoral dari Kodim 0821 dan Satpol PP, tak kalah penting nya hadir pula anak yatim piatu putera puteri dari lembah arafah dengan pengasuh Kiai Fauzan asal Kedungjajang Kabupaten Lumajang.
Ustadz Khusairi selaku penceramah memberikan siraman rohani tentang Fadhilah atau pun keutamaan bulan Rajab, yang pada hari ini memasuki hari yang kedua. bulan rajab yang merupakan salah  dari bulan haram. Di mana bulan haram ini adalah bulan yang dimuliakan. Bulan ini adalah yang dilarang keras melakukan maksiat, serta diperintahkan bagi kita untuk beramal sholih.

Dikisahkan oleh narasumber bahwa ada salah satu peristiwa yang sangat agung di bulan rajab ini yakni turun nya perintah sholat yang diterima oleh Nabi Muhammad Saw yang langsung disampaikan oleh Allah Swt di langit yang ke tujuh, beliau juga mengatakan bahwa di bulan rajab ini merupakan bulan dimana dibuka nya pintu maaf dan pintu taubat hambanya kepada sang khaliq.

Keistimewaan Bulan Rajab

Berikut beberapa hadis yang menerangkan keutamaan dan kekhususan puasa bulan Rajab:
  1. Diriwayatkan bahwa apabila Rasulullah SAW memasuki bulan Rajab beliau berdo’a:“Ya, Allah berkahilah kami di bulan Rajab (ini) dan (juga) Sya’ban, dan sampaikanlah kami kepada bulan Ramadhan.” (HR. Imam Ahmad, dari Anas bin Malik).
  2. "Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari, maka laksana ia puasa selama sebulan, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya 7 pintu neraka Jahim, bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga, dan bila puasa 10 hari maka digantilah dosa-dosanya dengan kebaikan."
  3. Riwayat al-Thabarani dari Sa'id bin Rasyid: “Barangsiapa berpuasa sehari di bulan Rajab, maka ia laksana berpuasa setahun, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya pintu-pintu neraka jahanam, bila puasa 8 hari dibukakan untuknya 8 pintu surga, bila puasa 10 hari, Allah akan mengabulkan semua permintaannya....."
  4. "Sesungguhnya di surga terdapat sungai yang dinamakan Rajab, airnya lebih putih daripada susu dan rasanya lebih manis dari madu. Barangsiapa puasa sehari pada bulan Rajab, maka ia akan dikaruniai minum dari sungai tersebut".
  5. Riwayat (secara mursal) Abul Fath dari al-Hasan, Nabi Muhammad SAW bersabda: "Rajab itu bulannya Allah, Sya'ban bulanku, dan Ramadan bulannya umatku."
  6. Sabda Rasulullah SAW lagi : “Pada malam mi’raj, saya melihat sebuah sungai yang airnya lebih manis dari madu, lebih sejuk dari air batu dan lebih harum dari minyak wangi, lalu saya bertanya pada Jibril a.s.: “Wahai Jibril untuk siapakan sungai ini ?”Maka berkata Jibrilb a.s.: “Ya Muhammad sungai ini adalah untuk orang yang membaca salawat untuk engkau di bulan Rajab ini” (Humas)