2 Apr 2017

DEMI KESELAMATAN MASYARAKAT, KAPOLRES LUMAJANG HIMBAU ORMAS HTI UNTUK TIDAK MELANJUTKAN PERJALANAN


Lumajang - Pada hari Sabtu (1/4/2017) sekira Pukul 20.00 WIB, anggota gabungan Polres Lumajang melaksanakan kegiatan Apel Skala Besar. Dilaksanakan dengan anggota Gabungan dari TNI dan Satpol PP dengan Jumlah anggota 200 personil. Kegiatan yang setiap hari Sabtu dilaksanakan oleh Polres Lumajang untuk melaksanakan Patroli Skala Besar dalam meningkatkan keamanan diwilayah Kabupaten Lumajang.

Dalam Apel Skala Besar pada kesempatan kali ini adalah untuk menindak lanjuti Perintah Pimpiman untuk antisipasi gangguan Kamtibmas malam Minggu dan antisipasi gangguan Kamtibmas dari Ormas Islam HTI Wilayah Kabupaten Lumajang yang berencana akan berangkat ke Surabaya terkait rencana Aksi damai oleh Kelompok HTI (Hizbut Tahrir Indonesia) yang melibatkan massa dengan estimasi awal sejumlah 25.000 orang di masjid Al Akbar Surabaya. Dengan mengutamakan Personil Polwan Polres Lumajang karena banyaknya para jamaah wanita dan anak - anak.

Setelah melaksanakan Apel selanjutnya personel gabungan dengan dipimpin oleh Kapolres Lumajang AKBP Raydian Kokrosono S.I.K. bergerak menuju terminal Wonorejo untuk menemui para jamaah HTI dengan jumlah kurang lebih 300 orang dan memberikan himbauan agar jamaah membatalkan niatnya untuk berangkat ke Surabaya. Kapolres Lumajang melakukan negosiasi dengan para Koordinator Lapangan jamaah serta memberikan penjelasan tentang keselamatan para jamaah apabila tetap memaksa berangkat  ke Surabaya.

" Kami memang sengaja menyiapkan personil untuk mencegah keberangkatan para jamaah HTI karena kami peduli dengan keselamatan dan keamanan Bapak - Bapak dan Ibu - Ibu sekalian, karena disamping Kegiatan tersebut tidak memiliki ijin yang sah dari Pihak berwajib, banyak ormas - ormas lain yang menentang kegiatan ini, sehingga rawan terjadi bentrok, hal yang kami takutkan bagaimana apabila salah satu dri kalian menjadi korban apabila terjadinya Bentrok" Ungkap Kapolres Lumajang menghimbau.

Dengan keteguhan Prinsip Kapolres Lumajang dan di dampingi oleh Waka Polres Lumajang Kompol bambang Setiawan S.Pd berhasil mengurungkan niat Para jamaah HTI yang berasal dari Kabupaten Lumajang dan kembali ke rumah masing - masing. Sedangkan jamaah dari Kabupaten Jember yang berjumlah 5 bus tetap berangkat ke Surabaya yang sebelumnya telah dilakukan pengecekan pada barang bawaan. Kegiatan selesai sekira pukul 00.15 WIB, dilanjutkan dengan apel konsolidasi dengan dipimpin oleh Kabag Ops kompol Drs. Sudarto dan kegiatan selesai dengan kondusif. (Humas)