21 Mei 2017

PENADAH BARANG CURIAN ASAL PASIRIAN AKUI BELI BARANG DARI PELAKU CURANMOR


Lumajang - Keseriusan Polres Lumajang dalam menumpas kejahatan jalanan kembali membuahkan hasil.Pada hari Sabtu (20/05) 2017 sekira pukul 11.30 WIB Unit Resmob Nenggala Polres Lumajang telah berhasil mengungkap dan menangkap pelaku tindak pidana penadahan.

Dari laporan korban Baito (62) seorang Petani warga Dsn. Darungan Rt. 03 Rw. 06 Desa Gesang Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang kepada Polsek Tempeh pada Hari Sabtu (13/05) 2017 yang saat itu memarkir sepeda motornya di pinggir jalan tepi sawah dan kemudian di tinggal bekerja di sawah. Korban meninggalkan sepeda motor miliknya dalam keadaan tidak terkunci stir namun kunci kontak dibawa oleh korban.

Dari hasil keterangan saksi-saksi dan penyelidikan, 7 hari kemudian Tim Nenggala berhasil menangkap HA (27) warga Desa Kalibendo Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang yang telah menjadi DPO Curanmor. Dari hasil pengembangan penyelidikan ditangkap pula 2 pelaku penadah HP (35) dan MY (50) warga Desa Kalibendo Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang. Dari tangan pelaku didapat barang bukti 1 ( Satu ) Unit Sepeda Motor Honda Supra Type NF100D Tahun 2002 warna hitam No. Pol L-2328-CI

Dari hasil keterangan HP bahwa Sepeda motor tersebut di beli dari MY bersama seorang temanya HA sebesar Rp. 1.200.000,- (Satu Juta Dua Ratus Ribu Rupiah). MY sebagai perantara penjualan Sepeda motor tersebut mendapatkan upah sebesar Rp.100.000,- (seratus ribu rupiah).

Kasat Reskrim Polres Lumajang melalui KBO Reskrim IPTU Sajito, SH menjelaskan ancaman hukuman bagi para pelaku. "Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, pelaku pencurian melanggar pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara, sedangkan penadah melanggar pasal 480 KUHP dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara". paparnya.

Selanjutnya Satreskrim Polres Lumajang terus mengembangkan penyelidikan untuk mengungkap pelaku-pelaku lainnya. (Humas)