20 Jun 2017

SATLANTAS PANTAU ARUS MUDIK MELALUI CCTV






Lumjang - Polres Lumajang akan mengoptimalkan kinerja kamera pemantau yang terpasang di puluhan titik lokasi rawan kemacetan, rawan kecelakaan dan rwaan kriminalitas di wilayah Lumajang. Kamera-kamera pemantau ini digunakan untuk memantau arus lalu lintas kendaraan selama mudik Lebaran.

Petugas dari Polres Lumajang akan mengoptimalkan kamera pemantau cctv ini dari ruang pusat kendali (Command Center) Polres Lumajang. Ada sekitar 56 cctv yang sudah ditempatkan di titik jalur rawan kemacetan, rawan kecelakaan dan rwaan kriminalitas di wilayah Lumajang. Seluruh gambar ini nanti akan ditampilkan dalam layar besar, untuk memudahkan petugas memantau potensi kemacetan, gangguan lalulintas, kecelakaan, maupun tindak kriminal yang terjadi di jalanan selama arus mudik nanti.

Menurut Kasat Lantas Polres Lumajang, AKP Ridho Tri Putranto dengan mengoptimalkan 56 cctv yang sudah terpasang, petugas akan lebih mudah mengetahui bila kerawanan terjadi.
“Dari titik kamer CCTV yang ada, akan memudahkan kami dalam memantau kerawanan yang terjadi“ ungkap AKP Ridho Tri Putranto, SIK.

Diperkirakan kepadatan arus lalu lintas selama arus mudik di wilayah Lumajang berada di Pasar Wates Wetan dan Pasar Buah Ranuyoso. Hal ini dipicu kondisi Pasar yang ramai dan volume kendaraan meningkat. Namun Polres Lumajang telah mempersiapkan upaya-upaya mengantisipasi kerawanan tersebut bersinergi dengan Instansi terkait sesuai amanah Inpres No. 4 Tahun 2013 tentang Program Dekade Aksi Keselamatan Jalan. (Dikyasa)