17 Jun 2017

Siapkan Pospam dan Posyan Menjelang Ops Ramadniya Semeru 2017



Lumajang - Polres Lumajang akan mendirikan pos pengamanan di empat titik untuk melayani masyarakat selama arus mudik dan balik Idul Fitri 1438 Hijriah.

"Dalam rangka pengamanan Lebaran ini kami akan melaksanakan Operasi Ramadniya 2017 salah satunya dengan mendirikan tiga pos pengamanan dan satu pos pelayanan," kata Kapolres Lumajang AKBP Rachmad Iswan Nusi, SIK, MH

Tiga pos pengamanan (Pospam) Lebaran itu antara lain di Pospam Wates Wetan di Ranuyoso, Pospam Sukosari di Jatiroto, Pospam Quick Respons Sabhara di Pasar Baru Lumajang.

Ia mengatakan, sedangkan satu pos pelayanan (posyan) berada di Terminal Minak Koncar merupakan Pos terpadu dari instansi terkait menyediakan fasilitas pelayanan bagi masyarakat yang mudik.

"Kami melibatkan 283 personel dalam operasi Ramadniya ini, namun tidak menutup kemungkinan didukung oleh aparatur pemerintah dan instansi terkait," kata Kapolres Lumajang.

Kasat Lantas Polres Lumajang AKP Ridho Tri Putranto, SH, SIK menyampaikan bahwa pospam dan posyan Lebaran didirikan di sekitar lokasi yang sudah dideteksi tingkat kepadatan lalu lintas dan kerawanan kecelakaan selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2017. "Apabila terjadi kepadatan atau kemacetan arus, maka personel Pospam dan Posyan yang akan turun melakukan tindakan dan langkah mengatasi kerawanan tersebut". Ujarnya.

Pospam dan Posyan Lebaran tersebut secara efektif didirikan mulai H-7 sampai H+7 Lebaran atau pada tanggal 19 Juni s/d 4 Juli 2017, namun demikian tidak menutup kemungkinan waktunya bertambah sesuai kondisi di lapangan.

"Untuk persiapan sudah dilakukan, dan pada (Senin 19/6) Polres Lumajang akan gelar pasukan kesiapan pengamanan Lebaran," kata Kasat Lantas.