5 Jul 2017

MODUS BARU PELAKU GANJAL ATM, ANTISIPASI PETUGAS TERUS LAKUKAN KOORDINASI DENGAN PIHAK PERBANKAN


Lumajang -Patroli rutin dialogis anggota Lalu lintas Polsek Ranuyoso Polres Lumajang yang dilakukan oleh Bripka Guntoro mengintensifkan patroli dialogis dengan Satpam maupun para nasabah Bank untuk mengantisipasi penipuan dengan transaksi lewat Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Rabu (05/07/2017).
Berbagai macam modus yang dilakukan oleh para pelaku apalagi dengan kemajuan teknologi di era modern ini para pelaku kejahatan juga semakin kreatif dalam melancarkan aksinya, salah satunya contoh bentuk penipuan dengan modus sms berkedok minta transfer ke no rek yang dituju. Mereka melancarkan aksinya dengan menghubungi lewat sms ataupun menelepon langsung calon korbannya.
Selain itu bentuk kerawanan-kerawanan yang sering terjadi ditempat ATM seperti adanya pengganjalan mesin ATM, melakukan penipuan ditempat ATM, perampokan terhadap orang yang baru mengambil uang di ATM maupun pembobolan ATM.
Kapolsek Ranuyoso AKP Ahmad Sutiyo SH  mengatakan bahwa untuk mengantisipasi hal tersebut, Polsek Ranuyoso mengintensifkan patroli dialogis di ATM seputaran wilayah Kec. Ranuyoso untuk antisipasi tindak kejahatan. Petugas juga menghimbau kepada nasabah ataupun Satpam Untuk tidak mudah percaya kepada penelpon yang tidak jelas asal-usulnya apagi yang menggunakan nama salah satu perusahaan telekomunikasi yang memberikan kabar gembira (Humas)