3 Agu 2017

TAHUN KESELAMATAN UNTUK KEMANUSIAAN 2017 - 2018, UNIT DIKYASA SAT LANTAS POLRES LUMAJANG MELAKSANAKAN KEGIATAN PEMILIHAN PELAJAR PELOPOR TERTIB LALU LINTAS (PPTL) 2017

Lumajang - Unit Dikyasa Polres Lumajang melaksanakan kegiatan Pemilihan Pelajar Pelopor Tertib Lalu Lintas (PPTL) Kabupaten Lumajang 2017, pada hari Kamis (3/8) sekira pukul 08.00 – 13.00 WIB di SMAN 3 LUMAJANG. Dihadiri Ketua Kancab Diknas Provinsi Jatim di Lumajang DRS.H.SUGIONO EKSANTOSO.MM, Kasi Dalops UPTD LLAJ Prov Jatim di Jember N.TARIGAN, Kasi Manajemen Rekayasa Lalin Dishub Lumajang HERU PURWANTO, Kanit Dikyasa IPDA DIMAS SUGENG WIDODO.SH, Kabag TU Diknas Prov Jatim di Lumajang Drs.ISKANDAR MM dan 100 siswa SMA/SMK se Kabupaten Lumajang.

Latar belakang karena Banyaknya kecelakaan lalu lintas yang selama ini terjadi termasuk di dalamnya menelan korban yang masih berstatus sebagai pelajar membuat kita semua prihatin. Karenakan para pelajar tersebut banyak yang masih belum memahami dan melanggar tata tertib lalu lintas.80% dominasi pelajar yang bisa menggunakan motor namun hanya sekitar 10 l% saja yang sudah mengantongi Surat Izin Mengemudi (SIM). Persentase pelajar yang tidak memiliki SIM tersebut mempengaruhi kondisi dalam keterlibatan lalu lintas para pengguna jalan.  Kenyataanya pelajar yang belum punya SIM tersebut banyak yang sudah naik motor sendiri tanpa memperhatikan tata tertib lalu lintas sehingga memungkinkan pelajar tersebut terlibat dan menjadi korban kecelakaan dalam pelanggaran lalu lintas. 

Mengantisipasi hal tersebut, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat melalui Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur yang bekerja sama dengan Cabang DInas Pendidikan Wilayah Kabupaten Lumajang dan Satlantas Polres Lumajang menyelenggarakan Kegiatan Pemilihan Pelajar Pelopor Tertib Lalu Lintas  (PPTL) tingkat Kabupaten Lumajang tahun 2017. Dimana rangkaian kegiatan tersebut diselenggarakan melalui beberapa seleksi yaitu di tingkat kabupaten, propinsi dan nasional dengan harapan nantinya akan mencetak para Pelajar Pelopor Tertib Lalu Lintas  yang bisa menjadi contoh remaja yang tertib dan disiplin saat berada di jalan raya. 

Kegiatan ini dilaksanakan berdasar Surat Direktur Jendral Perhubungan Darat Nomor SK.4313/AJ.801/DRJD/2016 tanggal 16 September 2016 perihal Pedoman Teknis Pemilihan Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Tingkat Nasional tahun 2017  Surat Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur tanggal 17 Juli 2017 Nomor 551.2/2733/113.4/2017 perihal Permohonan Pemanggilan Peserta Pelajar Tertib Lalu Lintas (PPTL) tingkat Kabupaten Lumajang tahun 2017 
Dalam rangka pembentukan karakter budaya keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan. Yang bertujuan, antara lain : 
1. meningkatkan kesadaran pelajar dalam mematuhi peraturan lalu lintas; 
2. mengurangi risiko kecelakaan akibat perilaku sebagai pengguna jalan; 
3. menanamkan dan membangun kesadaran generasi muda melalui pelajar untuk berperilaku tertib         berlalu lintas dan tanggung jawab untuk meningkatkan keselamatan; 
4. menyebarluaskan informasi tentang keselamatan jalan ke kalangan generasi muda melalui                   pelajar; 
5. memberikan penghargaan (reward) atas prestasi kepedulian dalam berlalu lintas yang tinggi                 untuk mewujudkan ketertiban dan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan. 

Narasumber dan Tim Seleksi yang dihadirkan pada pelaksanaan Pemilihan Pelajar Pelopor Tertib Lalu Lintas tingkat Kabupaten Lumajang terdiri dari : 
1. Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Lumajang 
2. UPT LLAJ Wilayah Kabupaten Lumajang 
3. Dinas Perhubungan Wilayah Kabupaten Lumajang 
4. Satlantas Polres Lumajang 

Pada kesempatan kali ini Kanit Dikyasa IPDA DIMAS SUGENG WIDODO, SH juga memberikan beberapa materi dan menjelaskan beberapa program POLRI demi terbentuknya masyarakat Tertib berlalu lintas, antara lain : 

- PROGRAM PELOPOR KESELAMATAN
-PROGRAM TAHUN KESELAMATAN UNTUK KEMANUDIAAN 2017-2018
- PROGRAM SAVE OUR CHILDREN
- FENOMENA BUDAYA GENERASI MUDA LUMAJANG
- 5 PILAR AKSI KESELAMATAN JALAN

Diumumkan juga pemenang Pemilihan Pelajar Pelopor Tertib lalu Lintas, sebagai berikut :

-Juara 1 Leonika Pramudya SMAN 3 Lumajang Skor 135

- Juara 2 Bayu Hendro Bagaskara SMAN 2 Lumajang Skor 132

- Juara 3 Adam chaesar G SMAN 3 Lumajang Skor 128

- Juara 4 Puri Nilam Sari SMKN ROWOKANGKUNG Skor 127

- Juara 5 Mochammad Yusril Diko SMK PGRI Lumajang Skor 126

(Humas)