27 Sep 2017

FORKOPIMKA LUMAJANG BERSAMA TOKOH AGAMA DAN RATUSAN SANTRI SAKSIKAN PEMUTARAN FILM G 30 S/PKI

Lumajang - Ratusan santriwan maupun santriwati dari Pondok Pesantren Raudlatul Rochmaniyah Lumajang, menghadiri acara nonton bareng film G30S/PKI yang bertempat di halaman Masjid Jami' Al - Huda Suko Jln. Citarum Kelurahan Kecamatan / Kabupaten Lumajang, Selasa (26/09/2017) sekira pukul 20.30 WIB s/d 00. 05 WIB. Acara ini diselenggarakan oleh Koramil Kota Lumajang guna menindak lanjuti perintah Panglima TNI, diharapkan dengan adanya acara ini Penonton Santriwan dan Santriwati dapat memahami bagaimana sejarah bangsa Indonesia terkait dengan adanya kejadian Gerakan tanggal 30 September 1965 oleh Partai Komunis Indonesia G 30 S/PKI. 

Salah seorang pengasuh Pondok Pesantren Raudlatul Rochmaniyah Lumajang KH. Khidlir Fauzi Fasa mengatakan kegiatan tersebut diikuti oleh para santri yang duduk di bangku kelas V hingga jenjang SMA dan SMK. Acara tersebut juga dihadiri oleh Anggota koramil 0821/01 Lumajang sebanyak 16 orang, Anggota Polsek Lumajang kota sebanyak 5 orang, serta warga masyarakat disekitar ponpes.

Menurutnya, pemutaran film tersebut sengaja dilakukan agar dapat mewujudkan Generasi Muda yang dapat menghormati, menghargai pengorbanan para Pahlawan dan para pejuang yang telah melawan keganasan gerakan partai komunis Indonesia. 

"Kami ingin anak-anak tetap memegang teguh wawasan kebangsaan Indonesia serta Pancasila. Dan juga semoga tetap dipegang teguh dan tidak melupakan sejarah," ujarnya. 
Disinggung terkait kontroversi kebenaran materi film tersebut dengan kesesuaian sejarah, salah satu pengasuh  enggan berkomentar banyak. "Kalau itu bukan wilayah kami. Tapi, yang jelas, ini adalah sejarah yang pernah terjadi," katanya. 

Sementara itu, anggota koramil 0821/01 Lumajang, membenarkan adanya kegiatan nonton bareng yang dilakukan para santri di Masjid Jami' Al - Huda Suko Jln. Citarum Kelurahan Kecamatan / Kabupaten Lumajang, Pihaknya mengaku hal tersebut adalah keinginan dari Koramil 0821/01 Lumajang yang bekerja sama dengan Pengasuh Ponpes Raudlatul Rochmaniyah (Humas)