28 Okt 2017

UPACARA PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA KE 89 KABUPATEN LUMAJANG



Lumajang - Pada hari Sabtu , 28 Oktober 2014, pukul. 08.00 Wib bertempat di Alun-alun Kabupaten Lumajang dilaksanakan Upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 89 tahun 2017 dengan mengangkat tema "Pemuda Indonesia Berani Bersatu " . 
Bertindak sebagai Inspektur upacara Bupati Lumajang Drs. As'ad Malik, M.Ag. hadir dalam upacara tersebut para anggota Forkopimda Kabupaten Lumajang (yang mewakili) dan para kepala SKPD Pemkab Lumajang. 
Peserta upacara terdiri dari 1 SST Korsik Wira Bhakti Pemkab Lumajang , 21 peleton Paskibraka masing masing kecamatan se Kabupaten Lumajang , 1 peleton Pasukan Bhinneka Tunggal Ika 
Bupati dalam sambutannya membacakan amanat Menteri Pemuda dan olah raga RI pada acara Hari Sumpah Pemuda ke 89 Tahun 2017 yang intinya sebagai berikut :
1)89 tahun yang lalu tepatnya pada tanggal 28 Oktober 1928, sebanyak 71 pemuda dari seluruh penjuru tanah air  berkumpul di sebuah gedung di Jalan Kramat Raya, daerah Kwitang Jakarta. 
2) Mereka mengikrarkan diri sebagai satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa yaitu Indonesia.
3) Sungguh sebuah ikrar yang sangat monumental bagi perjalanaan sejarah bangsa Indonesia.
4) Ikrar ini nantinya 17 tahun kemudian melahirkan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, tanggal 17 Agustus 1945.
5) Sumpah pemuda dibacakan di arena kongres Pemuda ke-2, dihadiri oleh pemuda lintas suku, agama dan daerah.
6) Jika kita membaca dokumen sejarah Kongres Pemuda ke-2, kita akan menemukan daftar panitia dan peserta kongres yang berasal dari pulau-pulau terjauh Indonesia.
7) Secara imaginatif sulit rasanya membayangkan mereka dapat bertemu dengan mudah, 
Dari belahan barat Indonesia, teradat nama Mohammad Yamin Seorang pemuda kelahiran Sawah Lunto Sumatera Barat yang mewakili organisasi pemuda Sumatera, Jong Sumatranen Bond.
8) Dari belahan Timur Indonesia, kita menemukan pemuda bernama Johannes Leimena, kelahiran kota Ambon Maluku, mewakili organisasi pemuda Jong Ambon. 
9) Ada juga Katjasungkana dari Madura, ada juga Cornelis Lefran Senduk, mewakili Organisasi pemuda Sulawesi, Jong Celebes.
Kegiatan diakhiri dengan foto bersama Bapak Bupati Lumajang dengan anggota pasukan Paskibraka (Humas)