14 Des 2017

HORMATI LELUHUR LUMAJANG KAPOLRES IKUTI DOA BERSAMA DI KOMPLEKS MAKAM SITUS BITING


Lumajang - Serangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi Lumajang ke 762 tidak hanya dilakukan dengan kegiatan yang bersifat hiburan, namun juga yang bersifat keagamaan dan spiritual. Sebagai bentuk penghormatan kepada tokoh pendiri Kabupaten Lumajang, Pemerintah Kabupaten Lumajang menggelar ziarah dan berdoa bersama di kompleks Pemakaman Situs Biting, Kamis (14/12/2017).

Dalam acara tersebut, Hadir Kapolres Lumajang,AKBP Rachmad Iswan Nusi S.I.K, M.H bersama Forkopimda Lumajang dan Jajaran OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lumajang mengikuti kegiatan  doa serta tahlil guna mendoakan arwah para leluhur Lumajang. 

Sebelum memulai doa, Bupati Lumajang menyampaikan keberadaan makam Arya Wiraraja merupakan bukti sejarah adanya kerajaan Lumajang jaman dulu. Bupati meminta kepada pengurus makam agar merawat dengan baik, “kalau kita rawat dengan bagus akan menjadi wisata religi yang baik, jadi mana yang harus diperbaiki sudah seharusnya diperbaiki”, ujarnya. 

Bupati juga menyampaikan, sebagai masyarakat Lumajang sudah seharusnya mengetahui sejarah kerajaan Lumajang jaman dulu, ia juga mengutip perkataan Ir. Soekarno, "Bangsa yang besar adalah bangsa yang mengingat sejarah bangsanya", tuturnya. 

Dalam kesempatan tersebut pula Bupati mengingatkan kepada para peziarah bahwa setiap orang pasti meninggal baik pejabat maupun masyarakat biasa. "Jangan terlalu tinggi memposisikan diri di hadapan orang lain", pesannya. 

Sementara itu, Ketua panitia yang sekaligus pengurus makam, Khusnan, S.Pdi melaporkan bahwa penyelenggaraan kegiatan ini merupakan rangkaian agenda harjalu ke 762, dan rutin dilaksanakan setiap tahunnya. "Mudah-mudahan jadinya kota Lumajang mengarahkan kepada kota yang berkah, sejahtera dan pejabat serta pemerintahnya masuk surga", harapnya. (Humas)