18 Des 2017

KAPOLRES LUMAJANG PANTAU KENAIKAN HARGA PANGAN JELANG NATAL DAN TAHUN BARU

Lumajang - Pemerintah Kabupaten Lumajang melibatkan pihak kepolisian juga TNI melalui Kodim setempat, lakukan operasi pasar di pasar baru kota Lumajang, Senin (18/12).
Operasi pasar ini dilakukan guna memastikan situasi terkini pasar dalam kaitannya harga kebutuhan pokok yang belakangan alami kenaikan.
Wakil Bupati Lumajang dr. Buntaran mengatakan, kondisi pasar diwilayahnya saat ini stabil dari sisi harga kebutuhan pokok.
Disisi lain, Wabup mengakui jika ada sebagian jenis barang yang alami kenaikan harga. Namun ia menilai, kenaikan harga tersebut disebabkan meningkatnya permintaan jelang peringatan hari natal dan tahun baru juga faktor alam.
"Telur naik, ini dipicu akan permintaan yang meningkat jelang peringatan natal dan tahun baru. Juga ada lagi ikan, ini agak lumayan naiknya, tapi mereka mengatakan jika kenaikan itu dipicu oleh cuaca yang kurang baik sehingga nelayan sulit mencari ikan," katanya saat diwawancarai awak media.
"Selebihnya kami akan terus memantau perkembangan supaya cepat dan tepat mengambil tindakan," imbuh Wabup.
Sementara Kapolres Lumajang AKBP Rachmad Iswan Nusi yang kala itu juga turut serta dalam operasi pasar mendampingi Wabup menegaskan, jika pihaknya akan terus memantau harga berbading pada ketetapan yang ada. Pihaknya akan menyikapi setiap perubahan atau pergerakan harga yang disinyalir tidak wajar.
"Jika kenaikan harga ini kesannya tidak wajar, diatas 10%, maka kita akan melakukan penyelidikan terhadap pelaku - pelaku yang menaikkan harga itu. Dan pasti akan kita tindak. Sementara ini pantauan di lapangan, kenaikan masih dibawah 3%," kata Kapolres. (Humas)