21 Des 2017

KAPOLRES PIMPIN APEL GELAR PASUKAN OPS LILIN SEMERU 2017

Lumajang - Polres Lumajang menggelar Apel pasukan Operasi Lilin Semeru yang dipusatkan di alun-alun Lumajang, Kamis pagi (21/12), hal itu dilakukuan sebagai wujud untuk memberikan jaminan rasa aman kepada masyarakat utamanya menjelang perayaan Natal 2017 dan menyambut tahun baru 2018.


Dengan tema “melalui apel gelar pasukan ops lilin semeru 2017, kita tingkatkan sinergi POLRI dengan instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan natal 2017 dan tahun baru 2018”.
Apel tersebut dimaksudkan untuk melakukan pengecekan kesiapan dan kelengkapan pasukan untuk penertiban lingkungan masyarakat.

Kapolres Lumajang, AKBP Rachmad Iswan Nusi SIK MH., membacakan sambutan tertulis Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian. Dalam sambutanya ia menyampaikan perayaan natal dan perayaan pergantian tahun, bersamaan dengan libur sekolah. Ini merupakan saat yang dinantikan oleh masyarakat di seluruh penjuru dunia. Hal tersebut tentunya menimbulkan beberapa potensi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan yang perlu diantisipasi. Hal yang perlu menjadi perhatian, diantaranya adanya potensi serangan teror, kemacetan lalu lintas, bencana alam, ketersediaan dan stabilitas harga kebutuhan pokok.

Operasi lilin 2017 akan dilaksanakan terhitung mulai tanggal 23 Desember 2017 s.d 02 Januari 2018 dengan mengedepankan kegiatan preventif.
Dalam sambutannya ia berharap gabungan personil yang terdiri dari unsur keamanan dan stakeholder, hendaknya dapat menjamin kenyamanan dan keamanan masyarakat sepanjang libur natal dan tahun baru. Petugas akan lebih memperhatikan tempat-tempat ibadah, jalan-jalan perlintasan arus mudik dan arus balik, objek wisata, pusat perbelanjaan  serta transportasi.

Lewat Polres Lumajang, Kapolri meminta agar dilakukan pemetaan seluruh potensi kerawanan di masing-masing wilayah, tingkatkan kewaspadaan dalam mencegah aksi teror dan kejahatan, lakukan pendekatan dengan elemen masyarakat guna mencegah terjadinya aksi  sweeping, optimalkan penggelaran anggota di tengah masyarakat, optimalkan peran satgas pangan di masing-masing daerah dan perkuat sinergitas polisional dengan seluruh stakeholders. (Humas)