28 Mei 2018

Muat Kayu Tanpa Surat Ijin, Warga Desa Bago Diamankan

Tribratanews Polres Lumajang - Apes, di alami inisial DP (29) asal Dusun Dampar, Desa Bades, Kecamatan pasirian Kabupaten. Lumajang, Jawa Timur, pasalnya, DP diduga telah mengankut kayu jati, tanpa bisa menunjukan surat ijin yang sah, di gelandang petugas gabungan, Minggu (27/05/2018) sekira pukul 23.00 WIB.

Sopir truk DP (29) kepergok petugas gabungan saat muat kayu yang tanpa dilengkapai surat ijin yang sah, tepatnya di Andil sungai Rejali, Dusun Rekesan, Desa Bago, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang.
Barang bukti yang berhasil di amankan petugas yaitu, Satu truk N – 8988 – UY yang berisi kayu Jati olahan dari kawasan hutan Perhutani sebanyak kurang lebih 3 M3 dalam bentuk balok (balak) dan sirap.
Kapolsek Pasirian, AKP Zainul Arifin SH Melalui Paur Subbag Humas, Ipda Catur Baskoro, mengungkapkan,” Saat petugas melaksanakan operasi gabungan bersama perhutani dan koramil sedang berada di andil sungai terlihat truk dari arah barat Kajaran, selanjutnya di hentikan dan setelah dilakukan pemeriksaan ternyata menemukan kayu jati olahan tanpa di lengkapi surat ijin yang sah. selanjutnya pengemudi dan barang bukti truk beserta muatannya di amankan ke Mako Polsek Pasirian.
Karena perbuatan nya yang melanggar hukum, tersangka terduga akan di tuntut pasal 12 d Jo 83 ayat (1) a UURI no 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberatasan perusakan hutan.
Untuk mempertanggung jawabkan perbuatan nya, terduga tersangka beserta barang bukti di amankan di Mako Polsek Pasirian, guna sidik tuntas.(Humas)