26 Jun 2018

Kapolres Lumajang Tinjau Persiapan Pelaksanaan Pilkada, Tindak Tegas Pelaksanaan Praktek Money Politik


Tribratanews Polres Lumajang - Kapolres Lumajang AKBP Rachmad Iswan Nusi SIK, MH bersama anggota Desk Pilkada Kab. Lumajang meninjau persiapan Pilkada serentak tahun 2018 di beberapa kecamatan, Selasa (26/6/2018).

Hal itu, dilakukan mengingat pelaksanaan pemungutan suara pilkada serentak tinggal satu hari lagi, tepatnya, tanggal 27 Juni 2018. Rentang waktu tersisa, perlu pengecekan persiapan yang matang agar tidak terjadi permasalahan dalam pelaksanaan pesta demokrasi tersebut.

Hari kedua peninjauan, Kapolres Lumajang yang tergabung dalam Tim 2 bersama dengan Ketua DPRD, Sekretaris Daerah Lumajang, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretaris Daerah, Inspektur Kabupaten Lumajang Kepala BKD Kabupaten Lumajang melaksanakan peninjauan lokasi di 5 Desa, masing masing yaitu Desa Curah Petung Kecamatan Kedungjajang, Desa Ranuyoso Kecamatan Ranuyoso, Desa Kudus Kecamatan Klakah, Desa Buwek Kecamatan Randuagung dan Desa Kaliboto Lor Kecamatan Jatiroto 

Dalam sambutannya kepada jajaran Forkopimka dan Penyelenggara Pemilihan umum, Kapolres menerangkan bahwa kegiatan ini bertujuan melakukan pemantauan menjelang pelaksanaan Pilkada  diharapkan agar pelaksanaan dapat berjalan dengan jujur, adil aman dan kondusif sehingga nantinya dapat diperoleh pemimpin yang murni dari suara hati masyarakat

Kapolres menghimbau kepada petugas TPS untuk bersikap netral serta berharap tidak terjadi Money Politik menjelang pelaksanaan Pilkada, sesuai dengan Undang – Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada sudah memberikan sanksi yang tegas terhadap pelanggaran politik uang. Baik Pelaku maupun penerima uang sama–sama dihukum sebagaimana diatur dalam pasal 187a UU Pilkada."ungkapnya (Humas)