8 Agt 2018

Pangdam V Brawijaya Secara Resmi Tutup Kegiatan TMMD ke 102 Kabupaten Lumajang


Tribratanews Polres Lumajang - Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Arif Rahman secara resmi menutup kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 102 tahun 2018 diwilayah Kabupaten Lumajang, tepatnya di Kecamatan Pasrujambe.

Penutupan kegiatan TMMD ke 102 dilakukan secara resmi melalui upacara penutupan di lapangan Desa Pasrujambe, Rabu (08/08) sekira pukul 09.00 wib 

Hadir Rombongan Pangdam V Brawijaya pada pelaksanaan kegiatan penutupan TMMD ini diantaranya , Kol Arh Purwo Sudaryanto (Irdam),Kol Kav Sahid Sahabudin (Asren),  Kol Inf Bagus Suryadi Tayo (Danrem 083/Bdj) Kol Czi Wakhyono (Aster), Kol Inf Darwis Efendi (Asintel), Kol Cpm Eka Wijaya (Danpomdam), Kol Czi Hari Pahlawantoro (Aslog), Letkol Cpm M. Nusron (Perwakilan dari Gartap III Surabaya)
Mayor Caj Ida Martianingsih (Crew Pendam) Mayor Inf Georgius Luky, S. IP (Kasmin Pangdam) Forkompimda Kab. Lumajang. Kasrem dan Pa Staf jajaran Korem 083/Bdj. Para Pa Staf dan Danramil jajaran Kodim 0821/Lumajang.Para Kapolsek jajaran Polres Lumajang. Forkompimka dan Kades wilayah Kec. Pasrujambe. Toga dan tomas Kec. Pasrujambe.

Pangdam V Brawijaya saat menjadi Irup membacakan amanat KASAD menyampaikan  ucapan terima kasih kepada seluruh undangan yang hadir dalam rangka upacara penutupan TMMD Ke 102 Th 2018.

"Pembangunan wilayah merupakan salah satu realisasi dari ketahanan Nasional Nawacita yang ingin kita wujudkan pembangunan Indonesia dari pinggiran pedesaan, Peran TNI dalam mendukung pembangunan tersebut adalah turut serta kegiatan TMMD yang dilaksanakan selama 30 hari yang merupakan wujud kemanunggalan TNI dan Rakyat dalam menggelorakan kembali semangat gotong royong, rasa cinta tanah air, Wawasan kebangsaan dan ketahanan nasional guna menjaga keutuhan NKRI. Seiring dengan pesatnya kemajuan tekhnologi moralitas dan karakter generasi muda yang harus dibangun sehingga menjadi kreatif, efektif, inovatif dan berjiwa nasional yang kuat'' Ujar nya 

Pangdam V Brawijaya juga menyampaikan bahwa TMMD Tahun ini melibatkan 50 satgas TMMD di 50 Kab/Kota, 57 Kecamatan dan 79 Desa dengan didukung dari Instansi terkait dan telah berhasil menjawab masalah Insfratruktur jalan-jalan Desa terpencil yang terisolir dengan mewujudkan rehabilitasi 200 unit RTLH, 86 KM pembukaan jalan baru, 60 KM pengerasan dan betonisasi, 30 rumah ibadah, 8 sekolah, 252 Meter pembangunan jembatan, 43 MCK, pos kamling, Drainase di 30 Desa, pemberian hewan ternak dan penghijauan 3500 pohon di lahan konservasi.Pelibatan TNI dalam program pemerintah sesuai UU TNI No. 34 Th 2004 khususnya tugas TNI pada OMSP, ucapan terima kasih kepada Pemkab, masyarakat, serta semua pihak yang terlibat dalam TMMD ke 102 Th 2018 sehingga berjalan sukses  dan selama pelaksanaan apabila ada tutur kata, tingkah laku prajurit yang kurang berkenan dihati masyarakat.

Kegiatan upacara selesai dilanjutkan acara tambahan dengan rangkaian kegiatan 
1) Penyerahan cindera mata dari Pangdam V/Brw kepada Bupati Lumajang.
2) Penyerahan bantuan secara 
simbolis berupa bantuan sembako, bantuan sarana Ibadah
dan bantuan perlengkapan alat olah raga.
3) Pagelaran Tari ‘Jaran Slining.
4) Pers realese oleh Pangdam V/Brw kepada para awak media cetak dan elektronik.
5) Irup, Forkopimda dan tamu undangan meninjau kegiatan Bazzar / Gelar Potensi Kab. Lumajang, Baksos Donor Darah
sedangkan Pasukan upacara dan Masyarakat menyaksikan panggung hiburan. (Humas)