9 Mei 2020

POLSEK SUKODONO : PENYERAHAN BLT DANA DESA KLANTING DAN BANTUAN BERAS PROGRAM PEMKAB. LUMAJANG "NGRAMUT TONGGO"


Tribratanews Sukodono - Sebagian besar masyarakat utamanya masyarakat kelas menengah ke bawah paling riskan terdampak akibat adanya wabah Covid-19 dan sebagian dari mereka kini hidup tanpa pekerjaan, tanpa pemasukan serta sebagian lain terseok-seok mempertahankan usaha dan jika tidak ada perubahan dalam waktu dekat, bisa jadi mereka akan terjerembab dalam jurang kemiskinan.
Guna untuk mengatasi berbagai dampak terutama dibidang ekonomi tersebut pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk membantu kesulitan dari warga yang terdampak adanya wabah Corona Virus Disearse (Covid-19) yang salah satunya adalah program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) yang mulai diberikan kepada warga.
Seperti pada malam ini, Pemerintah Desa Klanting Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang menyalurkan BLT DD kepada 52 kepala keluarga (KK) untuk bulan April tahun 2020 serta pendistribusian bantuan beras 5 kg program "Ngramut Tonggo" Pemkab. Lumajang kepada 397 warga Desa Klanting, bertempat di Balai desa Klanting Kecamatan Sukodono, Jum'at (08/05/2020).
Kepala Desa Klanting Supyan Hadi dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa pada hari ini kita menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa Tahun Anggaran 2020, dengan besaran penerima masing-masing kepala keluarga sebesar Rp. 600.000,- selama tiga bulan dan yang kita bagikan kali ini adalah untuk bulan April 2020.
“Pembagian bantuan langsung tunai kepada warga dilakukan setelah lolos verifikasi oleh pemerintah desa terkait kelayakan penerima bantuan tersebut, dan semoga dengan bantuan tersebut dapat memenuhi kebutuhan hidup selama masa pandemi Covid-19,” ujar Supyan Hadi. 
Masih menurut Kepala Desa bahwasannya pembagian BLT untuk bulan April tahun 2020 baru bisa dilaksanakan pada hari ini karena memang proses secara administrasi baru selesai, sehingga baru bisa dibagikan.
“Bagi ibu dan bapak warga penerima bantuan agar menggunakan uangnya secara efektif dan efisien serta digunakan untuk belanja kebutuhan sembako, terapkan pola hidup bersih dan sehat, konsumsi makanan dengan kecukupan asupan gizi dan vitamin agar ketahanan atau imunitas tubuh stabil sehingga dapat mencegah, menangkal penyebaran virus Covid 18,” jelas Supyan Hadi. 
Kapolsek Sukodono AKP Ahmad Sutiyo, S.H., bersama Camat Sukodono Bayu Ruswantoro, S.STP., Bhabinkamtibmas Desa Klanting Polsek Sukodono Aipda Henky Wijaya serta Babinsa Koramil 0821/02 Sukodono Serda Bahrul Ulum turut hadir dalam penyaluran BLT DD tersebut. 
Camat Sukodono Bayu Ruswantoro, S.STP mengatakan, “ada tiga pilar utama Good Governance (GG) sebagai penopang yakni partisipasi, keikutsertaan masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengawasan kebijakan-kebijakan pemerintah sehingga menjadi aspek krusial agar pemerintah tidak gegabah dalam melaksanakan setiap program kerjanya. Transparansi, keterbukaan pemerintah dan organ-organ didalamnya kepada publik, sehingga masyarakat dan media dapat mengetahui arus kerja pemerintah secara jelas dan gamblang. Yang terakhir adalah akuntabilitas, pertanggungjawaban seseorang atas hasil dari tugas dan kewajibannya,” terang Camat Sukodono. 
Sementara itu, Kapolsek Sukodono Polres Lumajang AKP Ahmad Sutiyo, S.H. sangat mengapresiasi langkah cepat dari Pemerintah Desa Klanting yang telah menyelesaikan administrasi dari bantuan langsung tunai tersebut karena bantuan tersebut sudah sangat dibutuhkan oleh warga masyarakat.
AKP Ahmad Sutiyo, S.H. sangat berharap kepada pemdes di wilayah hukum Polsek Sukodono Polres Lumajang agar segera menyusul untuk menyelesaikan administrasi dan segera menyalurkan bantuan langsung tunai kepada warganya masing-masing.
“Ini langkah cepat dan tepat untuk dilakukan Pemdes, kita berharap bantuan yang diberikan bersumber dari dana desa itu dapat membantu masyarakat kurang mampu di saat keadaan ekonomi terpuruk akibat pendemi corona dan kami selaku aparat keamanan dan penegak hukum akan mengawal jalannya penyaluran bantuan langsung tunai ini agar tepat sasaran,” terang Kapolsek Sukodono AKP Ahmad Sutiyo, S.H. (tribratanews.hn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POLSEK SUKODONO : PATROLI DIALOGIS SERTA GAKKUM PROKES PENGGUNAAN MASKER

POLSEK SUKODONO : PATROLI DIALOGIS SERTA GAKKUM PROKES PENGGUNAAN MASKER Tribratanews Sukodono - Untuk mencegah terjadinya aksi krim...