16 Sep 2020

Aparat Gabungan Lancarkan Operasi Yustisi Puluhan Warga Terima Sanksi




Tribratanews Polres Lumajang - Aparat Gabungan Polres Lumajang Kodim0821 serta Pemkab Lumajang kembali menggelar Ops Yustisi dalam rangka penegakan Inpres nomer 6 tahun 2020

Kali ini operasi Yustisi dipimpin langsung Bupati Lumajang Thoriqul Haq, Kapolres Lumajang AKBP Deddy Foury Millewa dan Dandim 0821 Lumajang  Letkol Inf Andi Andriyanto Wibowo, S.Sos, M.I.Pol.

Selain itu, Kajari kabupaten Lumajang Sugeng Riyadi SH,M.Hum, Ketua pengadilan negri Kab. Lumajang Gede Sunarjana S,H M,H, Kasi Intel Kejaksaan negeri Kab. Lumajang Ferdi Siswandana SH,MH, dan Wakapolres Lumajang Kompol Hendri Sulistyawan SE, Pasiops kodim 0821 Lettu inf Anwar Suprihatin tampak hadir dilokasi operasi gabungan.

Operasi dilaksanakan di Depan Kantor Pemkab Lumajang, Selasa (15/9/2020) malam.

Pantauan Tribratanews, banyak pengguna jalan yang melintasi Alun-Alun Lumajang tidak menggunakan masker adalah kalangan anak muda.

Para pengguna jalan yang kedapatan tidak menggunakan masker diberikan sangsi berupa Teguran tertulis dan lisan serta mendatangani bukti pelanggaran.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq menjelaskan, bahwa operasi yustisi digelar agar masyarakat semakin sadar terhadap upaya pencegahan Covid-19.

"Hal ini kita lakukan untuk memastikan seluruh masyarakat Lumajang patuh terhadap protokol kesehatan, karena kita ingin Covid-19 tidak semakin menyebar," jelasnya.

Dari hasil operasi yustisi ini, tak sedikit yang terjaring dan langsung menjalani proses sidang di tempat dilanjutkan menandatangani surat pernyataan disiplin protokol kesehatan. Bupati menyayangkan, mayoritas pelanggar yang terjaring merupakan generasi muda.

"Saya sebenarnya berharap anak-anak mudanya yang lebih care dan lebih patuh terhadap protokol kesehatan, tetapi malah anak muda yang justru melanggar," ujar Bupati.

Bupati berpesan agar dalam penindakan pada Operasi Yustisi ini aparat melakukan dengan cara-cara yang humanis.

Sementara itu, Kapolres Lumajang, AKBP Deddy Foury Millewa menjelaskan bahwa Operasi Yustisi dilakukan agar masyarakat yang tidak patuh terhadap protokol kesehatan merasa jera. Padahal menurutnya, salah satu kekuatan untuk melawan Covid-19 adalah penggunaan masker.

Kapolres meminta petugas dalam proses penindakan juga melakukan sosialisasi agar masyarakat kembali sadar menerapkan perilaku disiplin terhadap protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

"Saya harapkan anda semua sebagai pelopor tutur tinular untuk menjaga Lumajang bebas dari Covid-19," pungkasnya. (Humas) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POLSEK KLAKAH : OPS YUSTISI DAN HIMBAUAN PEMAKAIAN MASKER DAN PHBS DALAM RANGKA MEMUTUS RANTAI PENULARAN VIRUS CORONA (COVID-19).

  (Tribatanewspolreslumajang-polsekklakah). Dalam rangka upaya memutus rantai penularan Virus Corona (Covid-19) di wilayah Klakah Polsek...