25 Des 2020

PERSONIL GABUNGAN AMANKAN PERAYAAN NATAL DI BEBERAPA GEREJA YANG ADA DI KECAMATAN PASIRIAN


Kepolisian Sektor Pasirian bersiaga melakukan penjagaan selama pelaksanaan perayaan malam Natal yang digelar di enam gereja wilayah Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, Jumat (25/12/2020), untuk memberikan rasa aman dan tenang bagi jemaat Nasrani di wilayah itu.

Kepala Kepolisian Resor Lumajang AKBP Deddy Foury Millewa, S.H., S.I.K., M.I.K melalui Kapolsek Pasirian IPTU Agus Sugiharto, S.H., M.H. mengatakan, sejumlah personel dari kepolisian dibantu petugas gabungan baik dari unsur TNI maupun Satgas Keamanan Desa telah disiagakan untuk mengamankan gereja yang dijadikan tempat perayaan Natal.

"Kita libatkan 4 personel dari TNI POLRI maupun Satgas Keamanan Desa di setiap gereja dan tempat di gereja kita juga tempatkan personel yang nantinya akan mem-back-up pengamanan," kata Agus Sugiharto.

Ia menuturkan, Kepolisian Sektor Pasirian bersama Koramil 0821/08 Pasirian dan Satgas Keamanan Desa telah siap siaga melakukan pengamanan menjelang malam perayaan Natal di Kecamatan Pasirian.


Sebelum personel siaga, kata dia, sebelumnya seluruh gereja telah dilakukan sterilisasi untuk memastikan tidak ada benda atau barang berbahaya yang dapat mengganggu jalannya perayaan Natal.

"Kita laksanakan sterilisasi di gereja-gereja di Pasirian yang nantinya akan digunakan untuk peribadatan," katanya.

Ia menyebutkan, ada enam gereja yang sudah dilakukan sterilisasi ke seluruh ruangan dan tempat sekitar gereja.

Ia memastikan seluruh tempat yang akan digunakan jemaat Nasrani dalam kondisi aman sehingga jemaat bisa beribadah dengan tenang dan aman.

"Peribadatan di gereja akan dilakukan saudara kita umat Nasrani mulai malam hingga 26 Desember nanti," katanya. (JFA)