28 Jan 2021

Masuk Zona Resiko Sedang, Polres Lumajang Bersama Jajaran Dan Instansi Terkait Tingkatkan Operasi Yustisi




Tribratanews Polres Lumajang - Menyikapi perkembangan terkini penyebaran Covid-19 dimana kabupaten Lumajang dinyatakan masuk zona resiko sedang, jajaran Polres Lumajang tetap menggelar penertiban protokol kesehatan dan operasi yustisi, Kamis (28/1/2021) pukul 08.00 Wib di seluruh wilayah Kabupaten Lumajang.

Kabagops Polres Lumajang Kompol Amar Hadi Susilo SIP selaku koordinator pelaksanaan Operasi Yustisi mengatakan Operasi Yustisi yang dilaksanakan oleh Polres Lumajang dan instansi terkait hari ini dipimpin oleh Pa Siaga Iptu Syamsul Arifin, S.Pd, dan diikuti 23 personel gabungan yang terdiri dari 3 personel Polres Lumajang, 4 Personil KODIM 0821 Lumajang dan 16  personel Satpol PP Lumajang, sedangkan Polsek Jajaran dilaksanakan bersama Koramil setempat.

“Polres Lumajang bersama jajaran dan stake holder lainnya menggelar operasi yustisi ini untuk memastikan bahwa penerapan protokol kesehatan bener-benar dijalankan secara ketat guna menekan laju penyebaran Covid-19” Ujar Kompol Amar.

Penertiban itu sendiri dilaksanakan dengan metode stationer dan hunting system, dimana saat menemukan pelanggaran, petugas akan menindak tegas dengan memberikan sanksi mulai dari teguran tertulis, sanksi sosial. Demikian pula dengan kegiatan ditingkat kecamatan, sasaran menyesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat.

Dari kegiatan ini, petugas masih menemukan sejumlah warga baik yang sedang nongkrong atau berkendara dengan mengabaikan protokol kesehatan diantaranya tidak mengenakan masker maupun menjaga jarak aman atau physical distancing. Sedikitnya puluhan warga terpaksa dikenai sanksi teguran lisan dan sanksi sosial.

“Kami tegaskan bahwa penertiban dan operasi yustisi ini akan terus digelar secara simultan. Kepada masyarakat Lumajang kami imbau untuk selalu mentaati protokol kesehatan. Gunakan masker saat beraktifitas, cuci tangan dan physical distancing.” Pungkasnya (Humas)