14 Jan 2021

Polsek Jatiroto Polres Lumajang ungkap DPO pelaku Curat 109 sak Gula Kristal milik PG Jatiroto





Tribratanews Polres Lumajang - Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno, S.I.K., M.Si melalui Kapolsek Jatiroto AKP Rudi Isyanto, SH telah mengamankan 2 (dua)  Orang laki-laki, DPO pelaku Tindak Pidana Pencurian dengan pemberatan berupa 109 (seratus sembilan) sak Gula Kristal milik PG Jatiroto, Rabu (13/1/2021) sekira pukul 11.00 Wib.

Kasus Curat ini terjadi pada hari Sabtu (11/1/2020) pukul 02.00 Wib di PTPN 11 PG Jatiroto, Gudang Gula no.  10 kawasan Pabrik Gula Jatiroto Dusun Ranupakis,  Desa  Kaliboto kidul,  Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang

Kapolsek Jatiroto AKP Rudi Isyanto SH mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan penangkapan DPO FY, 30 tahun,  Lk,  satpam PG Jatiroto/Wiraswasta, Indonesia, Islam,  Desa. Jatiroto  Kec. Jatiroto Kab. Lumajang dan SK, 33 tahun,  Lk,  satpam PG Jatiroto/Wiraswasta, Indonesia, Islam, Desa.  Umbulrejo  Kec. Umbulsari Kab. Jember. 

"Pelaku FY ditangkap dirumahnya pada hari Rabu (13/1/2021) pukul 09.30 Wib. Di Desa. Jatiroto  Kec. Jatiroto Kab. Lumajang sedangkan pelaku SK ditangkap dirumahnya pada hari Rabu (13/1/2021) pukul 10.30 Wib di Desa.  Umbulrejo  Kec. Umbulsari Kab. Jember, kedua pelaku ditangkap secara persuasif dan  humanis kemudian dilakukan pengembangan dan telah mengakui perbuatanya yaitu melakukan pencurian pencurian sak yang berisi Gula Pasir milik PTPN 11, PG Jatiroto" ujar AKP Rudi.

"Para pelaku yang berjumlah -+14 (empat belas)  orang adalah Satpam PG Jatiroto, mengambil Gula Pasir yang Sudah dikemas dalam bentuk sak, milik korban PG Jatiroto dengan cara salah satu pelaku merusak dan mencongkel pintu Gudang menggunakan 1 (satu)  potong pipa besi ukuran -+ panjang 50 Cm, setelah berhasil membuka pintu gudang nomer 10, kemudian para pelaku tersebut masuk kedalam Gudang Gula untuk mengambil Gula Pasir yang sudah dalam bentuk sak, untuk di bawa keluar gudang dan di jual." tambah AKP Rudi.

"Barang bukti berupa 109 (seratus sembilan) sak  Gula Pasir bertuliskan Gula Kristal Putih PTPN XI, 1 (satu)  potong pipa besi ukuran -+ panjang 50 Cm., sudah dilakukan penyitaan dan mendapatkan penetapan penyitaan dari PN Lumajang." ungkap AKP Rudi. 

"Berdasarkan pengakuan dari 2 pelaku yang kita tangkap ini pelaku berjumalh 14 orang, 10 diantaranya sudah tertangkap dan sudah menjalani proses hukum PN Lumajang, masih ada 2 lagi DPO. Atas perbuatannya pelaku dikenakan pasal 363 KUHP" pungkas AKP Rudi. (Humas)