22 Feb 2021

Polsek Candipuro Cek Dan Kontrol Ruang Penyimpanan Vaksin Covid-19 Puskesmas Candipuro

 




Tribratanews Polres Lumajang - Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno, S.I.K., M.Si. melalui Kasium Polsek Candipuro Ipda Winarno dan Aiptu Supratno melaksanakan cek dan kontrol pengamanan Vaksin covid-19 sinovac di Puskesmas Candipuro Kabupaten Lumajang, Senin (22/02/2021).

Dalam kesempatan tersebut,  Ipda Winarno melaksanakan kontrol pengamanan Vaksin covid-19 melaksanakan pengecekan temperatur suhu Box penyimpanan Vaksin Covid-19 di dampingi perawat jaga Puskesmas Candipuro, Perawat jaga Puskesmas Candipuro menyampaikan guna menjaga dan mempertahankan kondisi tetap baik, vaksin Covid-19 Sinovac harus disimpan pada suhu 2 sampai 8 derajat Celsius dan dalam penyimpanan vaksin Sinovac harus sesuai dengan aturan yaitu terhindar dari paparan sinar matahari langsung serta diatur sedemikian rupa untuk menghindari kesalahan saat pengambilan, “Vaksin Sinovac perlu disimpan secara terpisah dalam rak atau keranjang vaksin lain agar tidak tertukar dengan vaksin rutin, apabila memungkinkan vaksin Covid-19 disimpan dalam vaccine refrigerator yang berbeda, terpisah dari vaksin rutin,” bebernya.
 
Dirinya menambahkan, untuk saat ini jumlah Vaksin Covid-19 Sinovac yang masih tersimpan di Box Vaksin dan siap untuk digunakan masih sisa 4 Vial, Kepada perawat jaga Puskesmas Candipuro tersebut, petugas mengingatkan agar senantiasa profesional dalam pelaksanaan tugas dan waspada terhadap ancaman gangguan Kamtibmas sekecil apapun yang dapat menggangu proses vaksinasi.
 
“Lakukan pemantauan suhu secara berkala dan terus berkoordinasi dengan Tenaga Kesehatan (Nakes) setempat guna memastikan suhu box penyimpanan vaksin tetap berada di angka minimal 2 derajat Celsius dan maksimal 8 derajat Celsius untuk mencegah kerusakan vaksin", ujar Ipda Winarno. (tribratanews.rwd).