28 Mar 2021

Patroli Hunting System, Satlantas Polres Lumajang Amankan Puluhan Kendaraan Bermotor Tidak Sesuai Standart



Tribratanews Polres Lumajang Polda Jatim - Sebagai langkah pencegahan dan meningkatkan rasa aman ditengah masyarakat, Satlantas Polres Lumajang melaksanakan kegiatan patroli Hunting System yakni untuk antisipasi balap liar dan pelanggaran potensial laka, Sabtu (27/3/2021).

Patroli Hunting System dilakukan personil Satlantas Polres Lumajang dipimpim Kasat Lantas Polres Lumajang AKP Bayu Halim Nugroho.

Razia dilakukan dari kawasan Lumajang kota sampai kawasan Jalan Lintas Timur (JLT), Sekitar pukul 23.00 WIB sampai pukul 03.00 WIB dini hari tadi.

Kasat Lantas Polres Lumajang AKP Bayu Halim Nugroho melalui Paur Subbag Humas Polres Lumajang Ipda Andrias Shinta mengatakan, dalam kegiatan patroli antisipasi balap liar yang dilakukan petugas berhasil menilang 33 sepeda motor.

"Kemudian sepeda motor yang berhasil diamankan di jalan raya langsung dibawa ke Mapolres Lumajang," ujarnya.

Tiba halaman Mapolres Lumajang, para remaja yang terjaring razia antipasi balap liar dilakukan pembinaan agar tidak membahayakan lalu lintas yang mengakibatkan laka lantas.

"Mereka dalam hal ini pelanggar diberikan pembinaan agar tidak membahayakan lalu lintas yang mengakibatkan Laka Lantas," imbuh Shinta.

Selain itu, petugas Satlantas Polres Lumajang memberikan sosialiasi dan himbuan kepada pelanggar terkait bahaya penyebaran covid-19, dan menerapkan prokes.

"Kami juga memberikan masker bagi pengendara yang tidak menggunakan masker," tuturnya.

Ipda Andrias shinta menjelaskan razia cipta kondisi tersebut menyasar para pengguna sepeda motor yang tidak sesuai spesifikasi teknis (spektek) seperti knalpot brong, penggunaan ban kecil, hingga kelengkapan kendaraan lainnya.

"Knalpot brong ini suaranya sangat keras, sehingga mengganggu masyarakat. Kami melakukan penertiban melalui hunting sistem, jika ada yang melakukan pelanggaran langsung kami tindak," tegasnya.

Untuk mengambil sepeda motor, pemilik kendaraan bermontor akan diminta mengganti knalpot brong sesuai dengan standar.

“Keseluruhan kami tindak tegas dengan Tilang dan wajib mengganti knalpot sesuai dengan standar” Imbuh Shinta

Pihaknya menegaskan, penindakan tersebut akan terus dilakukan sebagai upaya menekan angka kecelakaan lalu lintas dan menggugah kesadaran masyarakat untuk selalu patuh aturan guna menciptakan Kamseltibcarlantas yang kondusif.

"Knalpot brong ini nantinya akan dimusnahkan sebelum bulan puasa, agar masyarakat tenang dan nyaman dalam menjalankan ibadah puasa." pungkasnya (Humas)