17 Mar 2021

Polres Lumajang Terima Hibah Dua Ekor Anjing Spesialis Pelacak Untuk Mendukung Operasional K-9




Tribratanews Polres Lumajang Polda Jatim - Polres Lumajang Polda Jawa Timur, menerima hibah dua ekor anjing spesialis pelacak, Rabu siang (17/3/2021).

Diterima langsung oleh Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno S.I.K M.Si, saat itu anjing tersebut diserahkan oleh mitra K - 9 berupa jenis anjing Dutch Shepherd dan dari Yuhanes Efendi berupa jenis anjing Belgian Malinois.

Maksud dan tujuan pemberian anjing tersebut pada Polres Lumajang yakni, untuk mendukung operasional K - 9 dalam mengungkap sejumlah kasus pidana.

AKBP Eka Yekti Hananto Seno S.I.K M.Si berterima kasih. Menurutnya, hal itu nantinya akan sangat berguna, mengingat anjing yang dihibahkan saat itu, terlatih dalam pelacakan pelaku pencurian sapi, narkoba, bahan peledak, penghalau masa terlebih anarkis, orang hilang juga antisipasi tindak pidana yang lainnya.

"Tentunya Polres Lumajang berterima kasih sekali pada PT. Sumber Mas, atas penyerahan hibah anjing yang dilatih anggota kami yang memang sudah berpengalaman dalam melatih kemampuan anjing, dalam hal pelacakan pelaku kejahatan dari bau yang didapat, mendeteksi narkoba, kemudian juga bom. Itu akan sangat berguna sekali," kata dia melalui Paursubbag Humas Ipda Andrias Shinta.

Atas support yang diberikan, Polres Lumajang berharap, akan mempermudah dalam upaya ungkap kasus juga antisipasi teror dan kejahatan lainnya.

Diwaktu yang sama, Yuhanes Efendi menambahkan, jika anjing tersebut benar - benar sudah matang dalam pelacakan.

"Kalau pelatihan dari kita ini untuk pelacakan disini kan banyak, maling sapi. Kita sudah latih untuk melacak maling sapi, untuk pelacakan bahan peledak karena banyak kita temui pelaku yang bawa bondet. Kita juga latih untuk pelacakan umum. Misalkan pelaku pembunuhan ya kita awalnya tidak tau, itu kita bisa cari ke sana. Sama kita juga melatih untuk huru - hara," imbuh Yuhanes.

Pada situasi demo, terang Yuhanes anjing itupun bisa dilepas untuk menghalau masa terlebih yang anarkis.

"Ini sudah terlatih semua. Pelacakan dan penyerangan. Misal juga ada tersangka kabur, ini bisa kita lepas untuk mengejar," ujarnya.

Sementara untuk pencarian pendakian Gunung Semeru yang hilang, pihaknya berkata telah mempersiapkan dan nantinya akan juga dihibahkan. (Humas)