8 Mar 2021

Polsek Senduro Polres Lumajang Polda Jatim - Laksanakan pembinaan dan pembekalan kepada anggota SKD





Tribratanews Polres Lumajang Polda Jatim - Polsek Senduro.

Kapolres Lumajang Polda Jatim AKBP Eka Yekti Hananto Seno, S.I.K., M.Si. melalui Kapolsek Senduro Polres Lumajang Polda Jatim melaksanakan kegiatan pembekalan bagi Satgas Keamanan Desa (SKD) desa Sarikemuning Kecamatan senduro kabupaten Lumajang, senin malam (8/3/2021), 20.30 WIB di balai desa Sarikemuning.

Kepala Desa Sarikemuning (NAWI) mengatakan bahwa tugas satgas keamanan Desa (SKD) adalah membantu pemerintah desa dalam menjaga dan memastikan kondusifitas wilayah. Salah satunya, adalah di desa kandangan agar selalu dalam keadaan betul-betul aman.

“Secara teknis dalam pelaksanaan tugas, setiap anggota satgas hendaknya selalu berkoordinasi dengan aparat keamanan setempat. Sehingga pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar dan maksimal, dan selain menjaga keamanan desa mereka (SKD) berkordinasi dengan pihak desa kepolisian dan koramil, mereka juga harus selalu berinteraksi dengan warga sehingga bila ada kejanggalan apapun itu bisa cepat terdeteksi” ungkap Aiptu Gatot.S Selaku Bhabinkamtibmas.

Serda Sanusi, Babinsa desa Sarikemuning yang juga turut hadir, juga meminta agar anggota Satgas Keamanan Desa (SKD) Sarikemuning, untuk mempunyai kemampuan dasar. Salah satunya, dalam melaksanakan tugas menjaga stabilitas keamanan desa.

“keamanan desa Senduro itu tanggung jawab masyarakat dan satgas dan kalau ada kejadian suruh cepat lapor koramil atau polsek. SKD juga harus sigap dan tanggap dalam menghadapi kejadian tertentu agar segera melaporkan ke Polsek”

Kapolsek senduro, (AKP JOKO WINTORO) menjelaskan bahwa ada pembinaan dasar buat SKD yang diberikan, juga ada seragam khusus yang harus di pakai.

“Ada pemberian pembinaan dan pembekalan kepada Satgas keamanan desa, dan ini haruslah dilakukan secara rutin dan berkesinambungan. Sehingga, setiap anggota Satgas dapat lebih mengerti akan fungsi dan tugas yang menjadi tanggung jawabnya”.

“anggota (SKD) dalam melaksanakan tugas harus pakai seragam supaya masyarakat tahu dan setiap ada kegiatan di desa, SKD di hadirkan biar menjaga stabilitas keamanan desa. Saya minta semua mampu mengembangkan kemampuan secara mandiri. Kemampuan perlu dilatih agar memiliki kemampuan standar sebagai relawan. Apabila malam ada orang tidak dikenal atau mencurigakan maka tangkap dan laporkan ke kita. Dan jangan lupa, dalam saat ini kita masih dalam masa pandemi covid-19, sehingga kita semua juga harus patuh protokol kesehatan, pakai masker cuci tangan dan selalu jaga jarak agar penyebaran covid-19 bisa diminimalisir” imbuh kapolsek.