30 Mar 2021

Sat Sabhara Polres Lumajang mengamankan sebuah granat nanas yang diduga masih aktif.





Tribratanews Polres Lumajang Polda Jatim  - Sat Sabhara Polres Lumajang mengamankan sebuah granat nanas yang diduga masih aktif.

Saat ini Granat tangan jenis nanas diamankan di lapangan Tembak Polsek Klakah, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang. 

Kasat Sabhara Polres Lumajang AKP Jauhar Maarif melalui Paur Subbag Humas Ipda Andrias Shinta mengatakan,  penemuan granat yang diduga masih aktif di temukan warga di Sungai Kaliasem Gambiran RT 01 RW 09 Kelurahan Rogotrunan Kecamatan Lumajang,  Senin (29/3/2021).

"Granat yang ditemukan warga 1  buah granat tangan ( GT ) jenis nanas tanpa pengupil, detonator dan pengunci granat," ujar Shinta. 

Ia menjelaskan, penemuan granat saat itu warga sedang asik memancing ikan disungai Kaliasem tepatnya kurang lebih 100 Meter sebelum Dam Gambiran tiba-tiba menemukan yang diduga granat tangan ( GT) jenis nanas ditengah sungai yang tidak ada airnya dibebatuan. 

"Kemudian penemuan tersebut dilaporkan ke Polres Lumajang," Kata Ipda Andrias Shinta.

Setelah adanya laporan penemuan itu warga,  pihak Sabhara Polres Lumajang datang ke lokasi kejadian untuk mengevakuasi granat jenis tangan.

Selanjutnya,  granat demi keamanan dievakuasi dengan menggunakan Ranger Sabhara untuk di bawa ke lapangan tembak Klakah dengan tempat sederhana namun dipastikan aman yaitu di letakan di dalam pasir tersimpan didalam ember sehingga pada saat berada di kendaraan tidak terjadi guncangan sehingga
tidak mengkuatirkan terjadi ledakan dalam perjalanan.

"Saat ini 1 buah granat jenis nanas masih disimpan yang aman, sambil menunggu Tim pengurai dari  Gegana Polda Jatim," jelas Shinta. 

Lebih lanjut ia menambahkan,  diduga granat tangan jenis nanas ditemukan warga sedang memancing sisa jaman dahulu milik TNI yang diduga masih aktif.

"Diduga granat tersebut sisa jaman dahulu milik TNI dan diduga masih aktif," pungkas Ipda Andrias Shinta. (Humas)