17 Mar 2021

Satlantas Polres Lumajang Gelar Ramp Check Dan Edukasi Prokes Di Angkutan Umum





Tribratanews Polres Lumajang Polda Jatim - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Lumajang terus berupaya mewujudkan keselamatan lalu lintas diwilayahnya.

Salah satunya dengan mengedukasi para sopir bus yang berada di Terminal Wonorejo, Kabupaten Lumajang yang dilakukan Kanit Dikyasa Satlantas Polres Lumajang IPDA Suhartiningsih bersama anggotanya.

Kegiatan memberikan edukasi Protokol Kesehatan serta melaksanakan Inspeksi Keselamatan (Ramp Check) kepada pengemudi bus dilaksanakan, Selasa (16/3/2021) sekitar pukul 10.00 WIB, diterminal Wonorejo, Kabupaten Lumajang.

Dalam kegiatan tersebut, Kanit Dikyasa Satlantas Polres Lumajang Ipda Suhartiningsih melaksanakan inpeksi keselatamatan kepada sopir bus meliputi, surat-surat, pengecekan lampu, wiper, klason, dan ban bus.

Selain itu, memberikan himbuan kepada pengemudi dan penumpang bus agar selalu menerapkan protokol kesehatan yakni 5 M.

Kanit Dikyasa Satlantas Polres Lumajang Ipda Suhartiningsih melalui Paur Subbag Humas Polres Lumajang Ipda Andrias Shinta mengatakan, kegiatan tersebut yakni memberikan pembinaan dan edukasi mengenai tata tertib berlalu Lintas di Jalan untuk mencegah terjadinya pelanggaran Lalu Lintas yang berpotensi Laka Lantas.

"Untuk itu patuhi rambu-rambu lalu lintas serta mentaati peraturan yang berlaku, mulai dari kelengkapan berkendara seperti SIM dan STNK," tutur Shinta.

Ia menyampaikan, agar para sopir bus selalu mengedepankan keselamatan dalam perjalanan.

"Jangan lupa memeriksa kondisi kendaraan mulai dari ban bus, rem, surat-surat guna mendukung dalam perjalanan," tutur Ipda Andrias Shinta pernah menjabat Kanit Dikyasa. 

Shinta menjelaskan,  jadi ramp check kendaraan umum penumpang ini tujuan dilaksanakannya antisipasi kecelakaan yang melibatkan kendaraan umum yang tentunya akan berakibat banyak korban dari penumpang.

"Maka dari itu kendaraan umum harus benar-benar sesuai ketentuan, sopir bus juga harus mempunyai kelengkapan surat-surat selama perjalanan," jelasnya

Paur Subbag Humas menambahkan, agar para sopir bus memperhatikan jarak antar penumpang apabila membawa penumpang, hendaknya selalu diberi jarak antar tempat duduk, demi terhindar dari virus corona. 

Selain itu tetap menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, menjaga kebersihan kendaraan, serta selalu memakai masker.

“Saat membawa penumpang, khususnya sopir bus dan angkutan umum berikan jarak yang aman di tiap kursinya, supaya tidak sampai bersentuhan. Jangan sampai membawa penumpang berdesak-desakan, ” pungkas Ipda Andrias Shinta (Humas)