27 Mar 2021

Tingkatkan Keamanan Di Lumajang, Kapolres AKBP Eka Yekti Laksanakan Gelar Opsnal Anev Bulanan






Tribratanews Polres Lumajang Polda Jatim - Polres Lumajang Jawa Timur, terus berupaya memaksimalkan pengayoman dan perlindungan pada masyarakat. Guna menjamin wilayah tetap aman, masyarakat nyaman, bebas dari Covid - 19 dan produktif serta meningkatkan taraf perekonomiannya.

Di lantai 2 ruang eksekutif Polres Lumajang, pada Jum'at malam (26/3/2021), Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno S.I.K M.Si didampingi Wakapolres Kompol Kristiyan B. Martino S.H S.I.K M.M melaksanakan Gelar Opsnal dalam rangka Anev bulanan melibatkan PJU, para Kabag, Kasat, Kasie dan Kapolsek Jajaran.

Kabupaten Lumajang dari ujung utara, selatan, timur dan barat dikupas, dibahas untuk kemudian nantinya disikapi dengan tepat. Baik dari sisi Kamtibmas, penanganan bencana, Covid 19 dan sisi lain secara umum.

Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno S.I.K M.Si berkata, pihaknya sudah melakukan pemetaan wilayah jauh dari waktu sebelumnya. Termasuk perwira polisi berpangkat dua melati itu menyebut, soal Kamtibmas ada sebagian wilayah di Lumajang yang perlu perhatian khusus ( dianggap menonjol ).

Sinergi dengan semua pihak dan lapisan masyarakat terang AKBP Eka tetap diperlukan. Begitu ada indikasi semisal kriminal, semua melakukan backup.

"Dengan SKD, kami terus berkomunikasi melalui radio trinking/HT agar semua SKD mengetahui update situasi wilayahnya. Wilayah yang menonjol sudah kami petakan. Tentu dalam menyikapi setiap situasi dan kondisi yang ada, kami perlu dukungan dari semua pihak. Semuanya harus peduli," sebut Kapolres melalui Paursubbag Humas Polres Lumajang Ipda Andrias Shinta, Sabtu (27/3/2021).

Berikut kandang kumpul, dalam ranah upaya mencegah terjadinya pencurian sapi, imbuh Paursubbag Humas terus dimaksimalkan.

Terlebih saat ini, Operasi Pekat ( Penyakit Masyarakat ) Semeru 2021 tengah berlangsung. Pihaknya menegaskan gencar selain mengejar target kinerja, juga sebagai wujud pengabdian pada masyarakat akan jaminan keamanan jelang puasa Ramadhan dan lebaran.

Disisi lain, sisi kebencanaan saat itu juga mematangkan antisipasi di daerah aliran sungai lahar semeru. Dimana saat ini meskipun hujan kian berkurang akan tetapi hasil pemantauan, kerap terjadi meningkatnya debit air.

"Itu tetap kami turut mengantisipasi. Tentu dengan bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat dan stakeholder terkait, agar upaya yang dilakukan semakin maksimal," imbuhhya.

Disinggung soal Covid, Ipda Shinta bersyukur Lumajang sudah rendah resiko penularannya. Sudah masuk zona kuning mendekati zona hijau meskipun diapit oleh wilayah yang masih berada diatasnya. Kegiatan masyarakat ke depan, akan terus dipantau, dipastikan tetep taat pada protokol kesehatan.

Diakhir penyampaian, Ipda Shinta menerangkan terkait Polri yang saat ini menuju Polri yang Persisi. Masyarakat nantinya akan bisa mengakses aplikasi Lumajang Persisi, aplikasi di android yang punya pelayanan bermacam-macam.

"Semua harus merespon, terutama Kapolsek buka pintu wajib siap melayani dan respon. Dan terkait ETLE / tilang elektronik, Lumajang sudah siap, dititik awal CCTV sudah terpasang, nanti akan dilaunching bersamaan dengan aplikasi Lumajang Presisi." pungkas Ipda Shinta. (Humas)