21 Apr 2021

Aplikasi Lumajang Persisi Sebagai Wujud Pelayanan Masyarakat




Tribratanews Polres Lumajang - Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Kepolisian Resor Lumajang beberapa pekan lalu meluncurkan sebuah aplikasi berbasis android, bernama Lumajang Persisi.

Lewat aplikasi ini, masyarakat makin mudah melaporkan kejadian atau tindak kriminal di sekitar mereka. Tidak semua orang merasa nyaman, saat harus melaporkan peristiwa di sekitar mereka kepada aparat kepolisian.

Menyadari hal tersebut, Polres Lumajang, meluncurkan sebuah aplikasi berbasis Android. Aplikasi bernama Lumajang Persisi, dibuat untuk memudahkan masyarakat Lumajang melaporkan setiap kejadian, seperti kecelakaan, tindak kriminal atau gangguan keamanan lain secara langsung kepada polisi.

"Masyarakat bisa mendonwload aplikasi Lumajang Persisi secara gratis di Playstore," ujar Paur Subbag Humas Polres Lumajang Ipda Andrias Shinta, Rabu (21/4/2021).

Dalam aplikasi tersebut ada panic buttton jadi semua masyarakat yang menginstal mendownload aplikasi itu bisa menggeser tombol panic button.

Menurut Shinta, panic button berarti kalau ada warga menggeser ke panic button akan bunyi sirine di ruang call center Polres Lumajang bahwa itu menandakan bahwa adanya masyarakat yang membutuhkan pertolongan anggota Polri.

"Jika ada masyarakat menekan panic button, maka kita juga harus siap melayani mereka," ujar Ipda Shinta menyampaikan arahan Kapolres saat melaksanakan apel pagi, Senin (19/4/2021) kemarin.

Lebih lanjut, ia menerangkan, dalam aplikasi Lumajang persisi ada beberapa layanan. Contohnya Pelayanan Bhabinkamtibmas, Telp Darurat, Pengaduan laporan warga, Forum tanya jawab, orang hilang, pengawalan, SKCK Delivery.

"Selain itu ada layanan Satlantas, Lumajang News, Info Covid-19, SP2HP, Info Gunung Semeru dan DPO-DPB / Barang temuan," ujar Ipda Andrias Shinta.

Layanan aplikasi ini digagas dalam rangka membangun zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK). (Humas)