6 Apr 2021

Polres Lumajang Amankan Jalannya Aksi Damai Kelompok Petani Randuagung





Tribratanews Polres Lumajang - Polres Lumajang siagakan puluhan personel untuk mengamankan jalannya aksi damai oleh kelompok petani Randuagung di Kantor DPRD Kabupaten Lumajang, Selasa (6/4/2021).

Diketahui aksi damai tersebut, dilakukan oleh Kelompok Petani Randuagung bertujuan untuk menyampaikan permasalahan terkait perusahaan swasta PT Kalijeruk Baru. 

Dipimpin Kabag Ops Polres Lumajang AKP Saiful Alam S.H. M.H., pengamanan saat itu melibatkan puluhan anggota Polres Lumajang, terbagi dari sejumlah satuan fungsi, berikut anggota polsek Jajaran juga stakeholder terkait.

Sistem pengamanan terbuka dan tertutup dilakukan. Hal itu guna memastikan, aksi tersebut berjalan tertib dan kondusif.

"Kami ucapkan terima kasih pada semua pihak yang terlibat dalam pengamanan ini. Terlebih masyarakat Randuagung yang telah tertib dalam melakukan aksi. Mulanya direncanakan aksi akan melibatkan 500 orang, akan tetapi setelah terjadi koordinasi, mereka menyadari jika saat ini masih pandemi, sehingga yang andil saat ini sekira 40 orang," kata Kabag Ops Polres Lumajang, melalui Paursubbag Humas Ipda Andrias Shinta. 

Pasca berorasi, 15 orang perwakilan warga diterima dan beraudensi langsung dengan anggota DPRD di ruang rapat. 

Warga menilai, ada sejumlah persoalan yang perlu ditindak lanjuti. Secara umum, terang warga, terjadi alih fungsi di lahan yang dikelola oleh PT. Kalijeruk Baru yaitu sedari awal dimana lahan ditanami kopi, karet dan kakao, sekarang telah menjadi tebu dan menyebabkan mengeringnya sumber air dan merugikan masyarakat dan petani.

Sehingga, dirasa merugikan, hingga dalam alih fungsi tersebut, warga menilai sepihak oleh pihak PT dan memaksa.

Pasca beraudensi, anggota DPRD melalui H. Bukasan ( wakil ketua DPRD Lumajang), pihaknya akan melakukan tindak lanjut sebagai wujud respon terhadap keluhan warga. 

"Sebagai tindak lanjut kami minta foto - foto lahan yang sudah dialih fungsi. Serta data dokumen sebelum kami melaksanakan rapat kerja dengan PT. Kalijeruk baru. Disini Komisi A DPRD Kabupaten Lumajang akan turun langsung ke lapangan untuk kroscek permasalahan ini," terang politisi PDIP itu.

Terpantau, ditengah berjalannya aksi nampak sejumlah Polwan Polres Lumajang membagikan air minum pada warga. (Humas)