3 Mei 2021

Ini Penjelasan Kabagops Soal Titik Penyekatan Mudik Di Lumajang






Tribratanews Polres Lumajang - Polres Lumajang menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka kesiapan Ops Ketupat Semeru 2021, Senin (3/5/2021)

Kegiatan digelar di ruang eksekutif Polres Lumajang dipimpin langsung oleh Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno, S.I.K., M.Si dan dihadiri oleh berbagai instansi lintas sektoral serta relawan yang mendukung pelaksanaan Ops Ketupat Semeru 2021.

Kabagops Polres Lumajang AKP Saiful Alam, S.H., M.H. selaku Karendalops mengatakan bahwa di wilayah Polres Lumajang pada pelaksanaan Ops Ketupat Semeru 2021 akan ada 3 Pos, 2 diantaranya Pos penyekatan dan 1 Pos Pengamanan. Mulai diberlakukan tanggal 6 Mei hingga 17 Mei 2021.

"Pos penyekatan dengan wilayah Probolinggo berada di Jembatan Timbang  Kecamatan Klakah dan pos penyekatan dengan wilayah Malang berada di Desa Sidomulyo Kecamatan Pronojiwo, dekat perbatasan Malang." Kata Kabagops

Adapun untuk Pos Pengamanan  hanya ada satu berada di wilayah Kota tepatnya di pos QR Sabhara Lumajang depan pasar baru Lumajang.

AKP Saiful juga menjelaskan bahwa di Pos penyekatan jembatan timbang Klakah ini nantinya akan dibangun 3 pos didalamnya.

"Akan ada 3 pos, pos I untuk melakukan filterisasi (pengecekan) asal datangnya kendaraan (identitas, KTP, Surat jalan dinas, surat antigen 1x24 jam). Bagi kendaraan yang tidak dilengkapi dengan persyaratan pada point 1 maka wajib berhenti di pos II Kesehatan." kata AKP Saiful

Sedangkan di Pos II (Kesehatan) petugas akan melakukan pengecekan kesehatan pengemudi dan penumpang. Di pos I  dan II  nanti pengemudi akan diberikan surat rekomendasi  yang akan diserahkan di pos III.

"Di Pos III petugas akan menerima dan cek surat rekomendasi pengemudi, melakukan filter boleh tidaknya pengendara melanjutkan perjalanan atau kembali." ujar Kabagops

Untuk pos penyekatan di wilayah perbatasan Malang Lumajang di Desa Sidomulyo nantinya juga akan ada 3 pos seperti halnya di pos jembatan timbang Klakah.

"Di pos penyekatan perbatasan Malang Lumajang akan ada 3 pos dengan cara bertindak sama dengan pos jembatan timbang Klakah." tambah AKP Saiful

Kabagops juga menambahkan bahwa Pos pengamanan Ops Ketupat Semeru 2021 berada di Pos QR Sabhara Lumajang, yaitu di depan pasar baru Lumajang.

"Pos pengamanan ini nanti akan lebih dititikberatkan pada tugas pengamanan dan gaktur lantas di Pertokoan/pusat perbelanjaan sepanjang jalan PB Sudirman, pengamanan malam takbir, pengamanan giat ibadah Sholat Idul Fitri dan juga pengamanan giat ibadah peringatan kenaikan Isa Almasih di gereja-geraja." terang Kabagops

AKP Saiful menjelaskan bahwa pos-pos penyekatan dan pengamanan ini nantinya akan diback up juga oleh petugas Satgas preemtif, preventif, kamseltibcarlantas dan banops Ops Ketupat Semeru 2021 jika diperlukan tambahan personel.

"Jumlah keseluruhan personel yang diterjunkan dalam kegiatan ini sejumlah 274 personel berasal dari Polres Lumajang, Kodim 0821 Lumajang, Satpol PP Lumajang, Dishub Lumajang, Dinkes Lumajang, relawan Senkom, Banser, Badak dan Pramuka Saka Bhayangkara Lumajang" pungkas Kabagosp (Humas)