3 Mei 2021

Petugas Gabungan Operasi Yustisi Tegur Belasan Pengendara Tak Taat Prokes





Tribratanews Polres Lumajang -  Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno, S.I.K., M.Si beserta jajarannya tak lengah dalam upaya penanganan Covid 19 di Kabupaten Lumajang, apalagi menjelang hari raya Idul Fitri 1442 H.

Meskipun saat ini Lumajang memasuki zona kuning, artinya resiko rendah penularan Covid 19, Polres Lumajang beserta jajaran dan instansi terkait dalam hal ini Kodim 0821 dan Pemkab Lumajang terus melakukan upaya upaya agar Lumajang segera menuju zona hijau yakni terus melaksanakan operasi Yustisi.

Kali ini petugas gabungan menggelar Operasi Yustisi di Jalan MT. Hariyono, Kecamatan Lumajang, kabupaten Lumajang, Senin (3/5/2021).

Operasi yustisi tersebut dipimpin Pa Siaga I Bagops Iptu Arief Muhtadi diikuti oleh anggota Polres, Kodim 0821, Dishub dan Satpol PP Lumajang.

Operasi yustisi juga dilakukan wilayah Polsek jajaran yang digelar di Jalan umum, tau area publik yang rawan terjadinya kerumunan.

Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto melalui Paur Subbaghumas Ipda Shinta mengatakan beberapa upaya yang dilakukan yaitu melalui Operasi Yustisi peningkatan disiplin prokes, edukasi edukasi prokes di semua lapisan masyarakat baik langsung maupun online melalui media sosial, online, cetak dan elektronik, juga melalui pembagian masker, dan penyemprotan desinfektan.

"Operasi Yustisi, edukasi prokes, pembagian masker dan penyemprotan desinfektan dilakukan setiap hari oleh anggota, tak hanya Polres Lumajang namun juga Polsek Jajaran bersama instansi terkait, menyasar semua lapisan masyarakat di area publik." kata Shinta

Selama operasi berlangsung, masyarakat  yang melintas baik pengendara roda 2 maupun roda 4 kedapatan tidak menggunakan masker langsung dihentikan.

"Tadi ada 11 orang yang tidak menggunakan masker, dan diberikan sanksi teguran lisan agar kedepan lebih disiplin lagi," ujar Shinta.

Namun saat berlangsung operasi yustisi ditemukan masyarakat yang membawa masker namun tidak dipakai.

"Ada yang dipakai namun asal saja memakainya tidak menutupi hidung," imbuh Ipda Andrias shinta,

Lebih lanjut, ia menyampaikan, selama operasi yustisi berlangsung peran petugas sangat penting dalam memberikan edukasi kepada masyarakat, bahwa disiplin protokol kesehatan itu penting, tak hanya saat berkendara saja, namun juga dalam kehidupan sehari hari.

"Kami menyampaikan kepada masyarakat agar selalu patuhi 5 M yakni memakai masker, Jaga Jarak, Cuci tangan, hindari kerumunan dan kurangi mobilitas, juga kamis sampaikan terkait larangan mudik" pungkas Ipda Andrias Shinta. (Humas)